Kinerja perguruan tinggi swasta, khususnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Pulau Jawa sangat dipengaruhi oleh praktik kepemimpinan dan faktor tekanan lingkungan eksternal. Kedua faktor tersebut berperan dalam membangun flesibilitas strategis, orientasi pasar dan kinerja STIE. Model penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan dua perspektif manajemen strategis : perspektif ekonomi denga…
Bidang manajemen stratejik semakin tertarik dengan isu perubahan organisasi, terutama pada lingkungan yang saat ini semakin dinamis dan turbulen, di mana divergent organizational change yang dilakukan organisasi menentukan apakah organisasi dapat tetap eksis atau mati karena kalah dalam persaingan. Studi dilakukan untuk meneliti divergent organizational change dari perspektif influence process,…
Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep Orientasi Pasar pada perusahaan kecil, dan menengah (UKM), dengan strategi produksi make-to-order (MTO). Dengan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki, perusahaan UKM membutuhkan manajemen pemasaran berbeda dengan perusahaan besar. Dalam hal Orientasi Pasar, UKM membutuhkan Orientasi Pasar yang lebih bersifat kultural daripada behavioral (proses). Berbaga…
Strategic Entrepreneurship adalah kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan keunggulan kompetitif saat ini dan mengeksplorasi peluang baru untuk keunggulan kompetitif di masa depan secara simultan. Riset ini meneliti pengaruh perilaku dan kognitif entreprenuerial para manajer pengembang real estat dalam mengelola sumber daya strategisnya dan memanfaatkannya melalui inovasi eksplorasi dan eksploit…
Penelitian ini telah menjawab pertanyaan penelitian yang terkait dengan Country of Origin yaitu persepsi yang timbul terhadap produk berdasarkan Negara asal produk tersebut. Penelitaian ini secara khusus focus pada konteks bisnis jasa dari negara berkembang, yang akan memasarkan jasanya di pasar internasional. Penelitian ini akan mengkaitkan dengan pengaruh national stereotype dari negara berda…
Tujuan. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengaruh aktivitas ko-kreasi mahasiswa (SCA) terhadap kepuasan mahasiswa pada dosen (SA) dan dampaknya terhadap loyalitas mahasiswa pada program studi (LA), dengan melihat peran mediasi nilai ko-kreasi (CCV) dan kepercayaan pada dosen (TOL), serta peran moderasi sifat kepribadian dan gender terhadap hubungan pengaruh tersebut. Metode penel…
Pemasaran adalah tentang menawarkan proposisi nilai yang superior. Fenomena akhir akhir ini megindikasikan bahwa produk ataupun service sebagai proposisi nilai tidak lagi mencukupi untuk berperan sebagai nilai ataupun alat diferensiasi dan nilai tersebut telah berpindah ke penciptaan pengalaman pelanggan. Mengadaptasi teori merek pengalaman dari ranah pemasaran dan teori pengalaman dari ranah p…
Orientasi strategik sebagai budaya organisasi yang memiliki dimensi Orientasi pasar, Orientasi pembelajaran, dan Orientasi kewirausahaan, telah lama diakui sebagai sumber penting untuk peningkatan kinerja perusahaan. Namun belum ada penelitian yang memasukkan variabel kapabilitas dinamis, yaitu Kapabilitas inovasi dan Fleksibilitas strategik, sebagai variabel mediating di antara hubungan variab…
Saat ini, Indonesia diibanjiri oleh berbagai award bisnis yang dianugerahkan kepada berbagai perusahaan. Award bisnis kategori marketing ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award) dan award TOP Brand sebagai relational dan intellectual market-based asset (MBA) merupakan award bisnis paling awal yang dianugerahkan kepada merek-merek unggul perusahaan. Penelitian ini adalah untuk menelaah signi…
06/30/2014
Juli 2009
Januari 2014
Januari 2015
21 Juli 2011
19 Juli 2011
Juli 2009
10 Maret 2006
Pemasaran adalah suatu disiplin yang mempelajari 'pertukaran nilai' atau 'value exchange' ( Kotler 1972 ), cenderung mengkaji 'permasalahan' melalui sisi konsumen, sehingga berciri customercentrism ( Drucker 1954, Despande 1999 ) Penelitian ini mengkaji fenomena pertukaran-nilai menggunakan pendekatan berbeda, yaitu sekaligus mengkaji sisi konsumen dan sisi perusahaan. Agar kajian terarah, dite…
Inovasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya dalam lingkungan persaingan global, yang diwarnai oleh dinamika persaingan berbasis knowledge-networked innovation (Davenport et al., 2006). Dalam konteks tersebut, perusahaan otomotif makin mengandalkan strategi inovasi untuk mencapai keunggulan daya saing berkelanjutan. Namun demikian, keterb…
In today's challenging and Turbulent world, strategic management prescribes organizations to develop resources and Capabilities in Order to Gain competitive advantage..25 September 2006