Angkutan udara di Indonesia periode 2000-2007 bertumbuh rata-rata di atas 20% per-tahun (Ditjen Hubud, 2007); demikian juga di pasar dunia, karena dorongan deregulasi dan perubahan eksternal (ekonomi, teknologi, globalisasi) (Hanlon, 2007). Beberapa perusahaan penerbangan di Indonesia dapat berkembang, namun perusahaan penerbangan lainnya tidak sedikit mengalami kerugian dan sulit menutup biaya…
Penelitian persepsi mahasiswa tentang pengaruh kualitas proses pendidikan terhadap pembentukan citra internal yang berdampak pada kinerja pasar program studi yang ditinjau dari perspektif sumberdaya ini dilakukan di empat Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Tujuannya untuk mengidentifikasi: a) pengaruh persepsi mahasiswa atas kualitas proses pendidikan (kualitas pembelajaran, kualitas pelayanan…
10 Maret 2006
Pemasaran adalah suatu disiplin yang mempelajari 'pertukaran nilai' atau 'value exchange' ( Kotler 1972 ), cenderung mengkaji 'permasalahan' melalui sisi konsumen, sehingga berciri customercentrism ( Drucker 1954, Despande 1999 ) Penelitian ini mengkaji fenomena pertukaran-nilai menggunakan pendekatan berbeda, yaitu sekaligus mengkaji sisi konsumen dan sisi perusahaan. Agar kajian terarah, dite…
Untuk meningkatkan efektifitas iklan pemahaman lebih mendalam mengenai aktivitas konsumen dalam mengolah pesan iklan. Dalam teori-teori persuasi iklan, aktivitas mental ini diwarnai oleh beberapa variabel yang mengarahkan konsumen pada respon yang berbeda terhadap iklan, variabel-variabel ini adalah : tingkat keterlibatan, respon kognitif, respon afektif, dan sikap terhadap iklan, yang memedias…
In today's challenging and Turbulent world, strategic management prescribes organizations to develop resources and Capabilities in Order to Gain competitive advantage..25 September 2006
Belakangan ini, perusahaan-perusahaan di Dunia mengalami berbagai masalah ekonomi yang makin kompleks karena makin langkanya sumber daya yang tersedia. Masalah ini memaksa setiap perusahaan mengoptimalkan alokasi sumber-sumber daya agar tetap memiliki keunggulan daya saing yang berkelanjutan ( sustainable competitive advantage) ( Douma & Screuder, 1998 )..11 Oktober 2005
Privatisasi BUMN merupakan isu hangat yang selalu muncul di tengah masyarakat. Isu terakhir adalah perbedaan pendapat antara Wakil presiden dan Menteri BUMN yang kurang setuju dengan pendapat Menteri Keuangan. Jika tujuan privatisasi hanya untuk mempercepat pencairan dana pinjaman dari ADB sebesar US $ 250 Juta ( Basri, 2005).Dibandingkan dengan tingkat bunga bebas resiko (deposito), kinerja se…
Model pengambilan keputusan selama ini mengansumsikan bahwa produk yang akan dibeli merupakan produk yang belum pernah dimiliki sebelumnya..04 Oktober 2004
Agar dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan persaingan bisnis yang ketat, pemasar harus memahami bagaimana konsumen mengambil keputusan konsumsinya..05 Maret 2004
Selama ini penelitian tentang pengaruh iklan target audiencenya sudah banyak dilakukan, terutama pemrosesan yang dilakukan konsumen sesudah penayangan. Peneliti melihat adanya variabel yang selama ini belum diperhitingkan, yakni sikap awal terhadap merek sebelum penayangan iklan. .06 Agustus 2004
The aim of this research is to provide a theoretical framework for strategic alliance behavior by firms that seek to sustain a competitive advantage. The objective is to integrate the resource-based perspective with transaction cost economic explanations, strategic behavior of the firm, and organizational knowledge and learning in investigating strategic alliance phenomena in relation to compet…
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang demikian pesat pada periode 1990-1996, mempengaruhi permintaan hasil-hasil industri manufaktur yang jauh lebih cepat pertumbuhan dari penawaran, sehingga menimbulkan peluang pasar yang mendorong dinamika industri..22 Agustus 2002
Dengan kemajuan teknologi informasi yang demikian pesatnya, maka "transaksi" antar investor di Pasar Modal dapat diupayakan menjadi lebih efisien, sehingga pasar modal tersebut dapat memenuhi kriteria efficient market hypothesis.
Membangun pemasaran jasa relasional antara pelanggan dan penyedia jasa yang mampu memberikan keuntungan bagi penyedia jasa, sekaligus mewujudkan manfaat dan nilai jasa unggul bagi pelanggan jasa merupakan tantangan yang berat bagi para penyedia jasa..Agustus 2002
Building brand equity is A marketing activity fundamental to Modern business practice. By Partnering with established host brands, an Ingredient product can leverage brand equity..20 Mei 2002
Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama. Tujuan pertama adalah untuk menyelidiki pengaruh pengumuman penawaran umum terbatas ( rights issues ) terhadap respon pasar (imbalan saham ) dengan menggunakan sampel pengumuman penawaran umum terbatas yang terjadi di Bursa Efek Jakarta selama periode tahun 1990 - 1996. Respon pasar ( imbalan saham ) tersebut dikuru melalui perhitungan average abnormal…
Perkembangan industri jasa penerbangan relative lambat dibandingkan dengan industri yang lainya, hal ini terjadi mengingat kaitanya dengan industri lainya sangat erat khususnya industri kapal terbang. Lebih dari itu investasi yang diperlukan juga sangat besar dengan tingkat resiko yang sangat tinggi pula. Di dalam gambar besar tersebut penulis melalui penelitian ini berusaha menyumbangkan pemik…