Studi ini bertujuan untuk memvalidasi Model Adopsi Berbasis Nilai (Value-based Adoption Model/VAM) guna memeriksa niat di balik adopsi dompet digital oleh masyarakat Indonesia. Kuesioner terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data dari 215 responden. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diuji menggunakan SmartPLS, sebuah alat analisis partial least squares (PLS) generasi kedua. Enjoym…
Pesatnya pertumbuhan platform media sosial, khususnya TikTok, menjadikannya sebagai media periklanan yang menjanjikan dan mampu menjangkau khalayak yang luas. Meskipun demikian, penelitian mengenai dampak influencer TikTok terhadap kesejahteraan dan niat membeli konsumen Gen Z masih terbatas, terutama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer TikTok terhadap ke…
Penelitian ini menyelidiki dampak micro-influencer media sosial terhadap penjualan Drumstairs, khususnya memeriksa peran mediasi dari karakterisasi di kalangan pengguna TikTok Gen-Z di wilayah JaBoDeTaBek. Menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini mengumpulkan data kuantitatif melalui survei dan wawasan kualitatif melalui diskusi kelompok terfokus. Temuan mengungkapkan bahwa micro-…
Seiring dengan pertumbuhan industri kosmetik yang signifikan, semakin banyak konsumen yang mulai menyadari pentingnya perawatan diri dan dampak negatif dari produk yang digunakan terhadap lingkungan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi environmental knowledge dan environmental sensitivity terhadap green purchase intention produk kosmetik ramah lingkungan, serta ef…
Penelitian ini mencoba untuk memprediksi pengaruh dari etnosentrisme konsumen, citra negara secara umum, dan citra produk terhadap minat beli kosmetik di kalangan Generasi Z di Indonesia, dengan mempertimbangkan efek moderasi dari negara asal atau Country of Origin (Amerika Serikat versus Cina). Penelitian ini menggunakan desain penelitian multiple cross-sectional dengan mengumpulkan data dari …
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakan boikot terhadap produk yang mendukung Israel dalam konteks konflik Israel-Palestina. Secara khusus, penelitian ini menyelidiki peran motivasi religius intrinsik, norma subjektif, animositas konsumen, persepsi efikasi, penilaian merek, kontraargumen, Self-enhancement…
Tesis ini menyelidiki dampak atribut layanan dari aplikasi pengiriman makanan (FDA) terhadap kepuasan pelanggan dan respons perilaku mereka selanjutnya. Studi ini berfokus pada delapan atribut utama: pengalaman pengiriman, manfaat khusus, kemudahan penggunaan, ulasan, kebersihan makanan, pengiriman makanan, penghematan waktu, dan keamanan. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana atribut-atrib…
Penelitian mengenai pengaruh risiko sangat penting untuk diukur khususnya pada konteks industri ride-hailing dimana beberapa pelaku ekonomi saling menggunakan sumber daya yang sama, dalam hal ini adalah konsumsi transportasi bersama menggunakan aplikasi. Studi ini bertujuan untuk memahami determinan dari motivasi konsumen untuk mencapai kepuasan dan memiliki intensi terus menggunakan layanan tr…
Konsumen semakin beralih ke platform media sosial untuk berpartisipasi dalam komunitas merek sebagai cara memperoleh informasi tentang merek dan mendapatkan wawasan dalam keputusan pembelian mereka secara keseluruhan. Hipotesis kami adalah bahwa hubungan antara aktivitas pemasaran media sosial (SMM) dan ekuitas merek berbasis konsumen (CBBE) di kalangan Milenial dimediasi oleh keuntungan konsum…
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh media sosial dalam mempromosikan gaya hidup hijau yang berkelanjutan di kalangan Generasi Z di Indonesia, dengan fokus pada peran influencer dan penciptaan nilai. Dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, studi ini bertujuan memahami fasilitasi perilaku berkelanjutan melalui data primer dari 263 responden yang dikump…
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi behavioral intention dari konsumen untuk dapat menggunakan layanan telemedisin khususnya pada Halodoc. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah social influence, perceived usefulness, perceived technology usage risk, dan perceived ubiquity sebagai faktor eksternal serta health anxiety dan offline consultati…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari brand experience yang berkaitan dengan brand love serta perceived quality terhadap brand loyalty konsumen. Peran brand trust sebagai moderasi juga dianalisis pada dua merek ponsel pintar yang digunakan di Indonesia, yaitu Apple dan Samsung. Untuk menguji 9 hipotesis, desain penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif berupa …
Fear of Missing Out adalah kecenderungan psikologis yang dirasakan seseorang ketika merasa khawatir akan kehilangan pengalaman atau hubungan sosial. Pesan daya tarik FoMO dapat mendorong individu untuk melakukan pembelian. Selain itu, emosi yang dirasakan oleh konsumen dapat memoderasi pengaruh seruan FoMO terhadap niat beli konsumen. Pada penelitian ini menunjukan bahwa fear of missing out dap…
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena idolatry yang mempengaruhi perilaku konsumsi konsumen-penggemar atas K-Pop fan-made goods, meskipun isu hak cipta dan etika muncul dalam praktiknya. Fan-made goods dianggap penggemar sebagai salah satu manifestasi dari hubungan yang erat antara mereka dan idola mereka. Untuk menguji 18 hipotesis, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitat…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media influencer attributes dan content esthetic terhadap attitude toward endorsed brand dan brand link click behavior pada brand fashion lokal dengan mediasi followers’ brand content engagement untuk pengguna Instagram berusia 17 – 35 tahun di Jabodetabek. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menginvestigasi faktor social media in…
Penelitian ini menganalisis pengaruh interaksi parasosial dalam ulasan TikTok terhadap niat beli Generasi Z di Jakarta, dengan fokus pada aspek hedonis (perceived enjoyment dan Transparency) dan utilitarian (Informativeness dan Credibility). Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional, menggunakan data primer dari 195 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok. Resp…
Peningkatan sampah tekstil yang terus merugikan lingkungan merupakan urgensi bagi seluruh pihak untuk bersama-sama menangani masalah tersebut, baik dari pihak perusahaan pakaian maupun pihak masyarakat. Akan tetapi, mayoritas konsumen enggan membeli produk pakaian ramah lingkungan karena harganya yang premium atau lebih mahal daripada pakaian lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan u…
Industri mode/fashion di dunia maupun di Indonesia berkembang pesat. Namun, perkembangan ini memberikan dampak negatif bagi lingkungan, yakni peningkatan produksi limbah tekstil yang menjadi penyumbang pencemaran yang cukup besar di Indonesia maupun dunia. Sustainable fashion yang merujuk pada pakaian yang diproduksi dari bahan baku yang ramah lingkungan serta proses produksinya menghasilkan po…
Salah satu produk yang paling banyak dibeli melalui e-commerce Indonesia adalah apparel, khususnya bagi Generasi Z dan Milenial. Dengan persaingan e-commerce Indonesia yang ketat dan biaya yang diperlukan untuk menarik pelanggan baru lebih besar dibanding mempertahankan pelanggan yang sudah ada, perusahaan-perusahaan e-commerce memerlukan cara untuk menjaga atau meningkatkan customer loyalty. M…
Di Indonesia, nilai transaksi e-commerce terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir semenjak kehadiran fitur live shopping. Sudah ada penelitian-penelitian yang menemukan bahwa cara berkomunikasi streamer dengan audiens adalah hal penting dalam mempengaruhi purchase behavior dari konsumen. Akan tetapi, pengaruh gaya komunikasi streamer terhadap purchase intention audiens masih sedikit diketa…