Pandemi Covid-19 menjadi ancaman berat bagi kelangsungan hidup usaha kecil di Indonesia. Namun, hal tersebut tidak menghalangi usaha kecil untuk memanfaatkan peluang di pasar. Kebaruan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran pemasaran wirausaha dan kapabilitas pemasaran dalam meningkatkan kinerja usaha kecil yang terdampak Covid-19 dalam konteks negara berkembang. Penelitian ini mengkaji …
Suatu negara membutuhkan banyak wirausahawan untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Mahasiswa merupakan segmen yang diharapkan dapat menjadi wirausahawan dan meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19, seperti resesi ekonomi dan meningkatnya penggunaan teknologi, dapat dilihat sebagai hambatan atau p…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi seorang konsumen untuk berpartisipasi dalam kontes online media sosial. Teori yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior, Theory of Social Exchange, dan Theory of Social Identity dalam menentukan variabelnya. Data didapatkan dari 307 responden yang disebarkan melalui media sosial di Indonesia. Model penelitian den…
Segala aspek kehidupan umat muslim telah diatur dalam hukum Islam termasuk perilaku konsumsi. Muslim harus mengkonsumsi makanan halal. Namun, kini banyak aplikasi pemesanan makanan sehingga konsumen dapat membeli makanan secara online. GoFood dan GrabFood merupakan dua aplikasi pemesanan makanan online yang paling sering digunakan oleh konsumen di Indonesia. Beberapa restoran telah mencantumkan…
Penelitian ini membahas intensi dalam penggunaan dompet digital oleh pelaku usaha Mikro atau Kecil terutama Penyedia Makan dan Minum di wilayah Indonesia yang dipengaruhi oleh beberapa faktor penting terkait persepsi pelaku usaha dalam penggunaan teknologi baru. Persepsi risiko merupakan faktor penting lainnya yang ditambahkan dalam penelitian sebagai ancaman yang dapat mempengaruhi perilaku pe…
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran pembaharuan strategis terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang Pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta analisis Structural Equation Modeling (SEM). Data dikumpulkan dari 82 UKM Pariwisata di Indonesia. Studi ini menyoroti pentingnya modal manusia dan kemampuan ambide…