Tulisan ini membahas isu keadilan. Keadilan membawa manfaat dan nikmat bagi masyarakat dan manusia pada umumnya. Sebaliknya ketidak-adilan membawa kesengsaraan dan permusuhan. Semula dikenali empat penyebab ketidakadilan yaitu scarcity of resources, egoisme yang berlebihan, conflict of interest dan appression (penindasan).
10 Maret 2006
Pemasaran adalah suatu disiplin yang mempelajari 'pertukaran nilai' atau 'value exchange' ( Kotler 1972 ), cenderung mengkaji 'permasalahan' melalui sisi konsumen, sehingga berciri customercentrism ( Drucker 1954, Despande 1999 ) Penelitian ini mengkaji fenomena pertukaran-nilai menggunakan pendekatan berbeda, yaitu sekaligus mengkaji sisi konsumen dan sisi perusahaan. Agar kajian terarah, dite…
Untuk meningkatkan efektifitas iklan pemahaman lebih mendalam mengenai aktivitas konsumen dalam mengolah pesan iklan. Dalam teori-teori persuasi iklan, aktivitas mental ini diwarnai oleh beberapa variabel yang mengarahkan konsumen pada respon yang berbeda terhadap iklan, variabel-variabel ini adalah : tingkat keterlibatan, respon kognitif, respon afektif, dan sikap terhadap iklan, yang memedias…
Pada saat ini telah berkembang tiga pendekatan untuk menjelaskan prilaku kurs valas, yaitu : (1) Pendekatan makro yang mengemukakan bahwa perubahan faktor makro ekonomi ( fundamental) antar negara yang secara langsung mendorong perubahan kurs valas, (2) pendekatan struktur mikro pasar yang mngemukakan bahwa faktor struktur mikro pasar yang menentukan perubahan kurs valas melalui informasi dan a…
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan praktek corporate governance terhadap pengelolaan laba dan kekeliruan penilaian pasar..19 April 2005
Model pengambilan keputusan selama ini mengansumsikan bahwa produk yang akan dibeli merupakan produk yang belum pernah dimiliki sebelumnya..04 Oktober 2004
Agar dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan persaingan bisnis yang ketat, pemasar harus memahami bagaimana konsumen mengambil keputusan konsumsinya..05 Maret 2004
Pembajakan produk-produk industri dan Produk-produk kebutuhan rumah tangga saat ini seolah-olah telah menjadi "mode-baru" untuk mencari keuntungan yang cepat. Jumlah produk bajakan setiap tahun makin meningkat baik dalam jenis produk, mutu produk bajakan, maupun jumlah kerugian finansial baik bagi para produsen asli maupun konsumen..09 Agustus 2004
Selama ini penelitian tentang pengaruh iklan target audiencenya sudah banyak dilakukan, terutama pemrosesan yang dilakukan konsumen sesudah penayangan. Peneliti melihat adanya variabel yang selama ini belum diperhitingkan, yakni sikap awal terhadap merek sebelum penayangan iklan. .06 Agustus 2004
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mempelajari dinamika intrahari ( intraday dynamics ) return, volatilitas return, bild ask spread, dan volume transaksi saham di Bursa Efek Jakarta. Dinamika intrahari dipengaruhi oleh mikro struktur pasar yang meliputi antara lain mekanisme transaksi, pengelolaan order, waktu perdagangan, dan proses diseminasi informasi..29 September 2003
Membangun pemasaran jasa relasional antara pelanggan dan penyedia jasa yang mampu memberikan keuntungan bagi penyedia jasa, sekaligus mewujudkan manfaat dan nilai jasa unggul bagi pelanggan jasa merupakan tantangan yang berat bagi para penyedia jasa..Agustus 2002
Perkembangan industri jasa penerbangan relative lambat dibandingkan dengan industri yang lainya, hal ini terjadi mengingat kaitanya dengan industri lainya sangat erat khususnya industri kapal terbang. Lebih dari itu investasi yang diperlukan juga sangat besar dengan tingkat resiko yang sangat tinggi pula. Di dalam gambar besar tersebut penulis melalui penelitian ini berusaha menyumbangkan pemik…