Industri cryptocurrency di Indonesia terus berkembang seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap aset digital. Namun, persaingan yang ketat mengharuskan perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna menarik pelanggan. Bitwyre, sebagai salah satu platform cryptocurrency baru, berupaya menarik pengguna melalui strategi pemasarannya. Laporan magang ini menganalisis pe…
Tren penggunaan produk kecantikan di Indonesia semakin meningkat, di mana ritel kecantikan memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan produk kecantikan yang lengkap dan berkualitas. Dengan menggunakan teori Stimulus-Organism-Response, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian impulsif pada Sociolla, sebuah ritel omnichannel …
Perkembangan pesat online brand community secara global, didukung oleh kemajuan teknologi, telah mendorong banyak perusahaan untuk mengadopsi strategi serupa guna mempertahankan basis konsumen mereka. Salah satu keuntungan dari mengadopsi strategi ini adalah menumbuhkan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang. Penelitian ini mengidentifikasi dua jenis produk yang berbeda dimana terdapat online…
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sektor fashion menjadi salah satu kategori terbesar dalam penjualan online. Intensi repurchase dan WOM adalah dua faktor penting yang menentukan keberhasilan jangka panjang dan profitabilitas platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi repurchase dan WOM p…
Industri pariwisata halal mengalami pertumbuhan yang signifikan dan menjadi segmen penting dalam industri pariwisata global. Hal ini didorong oleh meningkatnya populasi Muslim dan daya beli mereka yang memperkuat permintaan akan layanan wisata yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Wisatawan muslim Indonesia di usia 17-64 tahun menjadi pasar yang potensial bagi destinasi wisata asing. Penelitian…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan game atau gamifikasi di e-commerce terhadap purchase intention melalui sudut pandang Gen Z dan Milenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif berupa single cross-sectional survey melalui kuesioner daring untuk menguji 11 hipotesis. Dengan menggunakan teknik judgment sampling. Peneliti mengumpulkan 3…
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh motif konsumen, yang mencakup motif tempat spesifik dan tanpa tempat spesifik, terhadap sikap konsumen dalam menggunakan online food delivery berbasis platform-to-consumer delivery serta bagaimana kelompok generasi usia dan gender memoderasi sikap konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menganalis data yang …
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perceived novelty terhadap customer loyalty melalui customer inspiration dalam industri retail omnichannel. Dimana sistem ini mengintegrasi di semua saluran penjualan, tanpa terbatas. Hal ini agar pelanggan menikmati pengalaman belanja yang terintegrasi dan cepat melalui berbagai saluran penjualan, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memba…
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh kualitas layanan elektronik (e-SQ) terhadap inspirasi pelanggan (CI) dan kepuasan pelanggan (CS), dan dampak dari inspirasi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (CL) pada platform pesan-antar makanan online, spesifiknya pada layanan GoFood. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan desain konklusif deskriptif dan jen…
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakan boikot terhadap produk yang mendukung Israel dalam konteks konflik Israel-Palestina. Secara khusus, penelitian ini menyelidiki peran motivasi religius intrinsik, norma subjektif, animositas konsumen, persepsi efikasi, penilaian merek, kontraargumen, Self-enhancement…
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh yang dimiliki dari pelaku di industri food and beverage yang melakukan perubahan konsep atau rebranding pada berbagai aspek yang ada serta E-WOM yang ada pada media sosial terkait restoran atau kafe rebranding terhadap sikap merek dan minat beli dari konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan membagikan kuesioner yang ditujuka…
Peningkatan tren belanja masyarakat membuat sektor ritel di Indonesia telah berkembang pesat. Ditambah dengan runtuhnya batasan antara lingkungan virtual dan kehidupan nyata berdampak pada masa depan ritel yang diperkirakan akan didominasi oleh ritel omni-channel. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran mediasi perceived anjoymentdan attitude consistency untuk mengungkap bagaimana fakt…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer experience, customer satisfaction, dan influencer marketing terhadap customer loyalty dari brand kecantikan lokal. Selain itu, customer demographics sebagai moderasi dari pengaruh-pengaruh tersebut juga dianalisis dengan menggunakan subjek generasi milenial dan generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif beru…
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati hubungan antara empat dimensi integrated marketing communication (IMC), yang mencakup konsistensi, interaktivitas, fleksibilitas, dan konektivitas, dengan kepuasan pelanggan sebagai bentuk pengaruh evaluasi pelanggan yang meliputi kepuasan terhadap produk serta layanan ritel yang menggunakan desain penelitian konklusif dengan penekanan deskriptif dan sur…
Penelitian ini meneliti pengaruh kualitas informasi dan kredibilitas sumber eWOM terkait produk kecantikan pada social networking services terhadap niat pembelian. Penelitian ini menggunakan teori Information Adoption Model (IAM). Desain penelitian ini adalah desain metode kuantitatif dan pendekatan konklusif deskriptif cross-sectional. Data primer dikumpulkan melalui metode survei dengan kuesi…
Penggunaan chatbot berbasis AI dalam layanan pelanggan semakin populer di banyak perusahaan. Namun, dalam prakteknya, AI-Chatbot sering kali dianggap cacat, bahkan ditolak oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki resistensi terhadap AI-Chatbot berdasarkan tingkat ketidakpercayaan pelanggan yang mencakup ketidakpercayaan terhadap kompetensi, kebajikan dan integritas AI-Chatbot …
Indonesia mendapat peringkat ketiga pada kategori modest fashion menurut State of the Global Islamic Economy Report. Dengan begitu, menandakan bahwa industri fashion di Indonesia yang semakin menguat dan membuat peluang pasar yang cukup baik bagi para pelaku usaha. Kebutuhan Informasi agar merek-merek local dapat bertahan dengan adanya trend modest fashion ini. Maka, penelitian ini bertujuan un…
Meningkatnya permasalahan lingkungan seperti pemanasan global, limbah, dan polusi memaksa individu untuk memperhatikan lingkungan. Adanya efek negatif dari kerusakan lingkungan ini mengharuskan konsumen untuk menggunakan green product. Untuk dapat memahami lebih baik mengenai perilaku pembelian konsumen pada green product, penelitian ini menggunakan theory of planned behavior (TPB) dan meneliti…