Pendekatan teoritis utama penelitian adalah Theory of Planned Behavior dan Model of Goal Directed Behavior yang mengkaji perilaku individu di komunitas virtual mempengaruhi preferensi konsol video game dengan meneliti faktor-faktor aktivitas individu di komunitas virtual. Penelitian kuantitatif dilakukan melalui survei terhadap 3 komunitas video game (2 non-merk, 1 merk) berjumlah 220 responden…
Peran globalisasi dan libralisasi perdagangan dunia menuntut BUMN untuk melakukan perubahan dan transformasi dalam bentuk komersialisasi melalui penciptaan corporate enterpreneurship (CE). Penelitian ini mengungkapkan kajian manajemen startejik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penciptaan CE di BUMN dari perspektif teori macro-micro foundation yang mempertimbangkan aspek rutin, kognisi da…
Saat ini, Indonesia diibanjiri oleh berbagai award bisnis yang dianugerahkan kepada berbagai perusahaan. Award bisnis kategori marketing ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award) dan award TOP Brand sebagai relational dan intellectual market-based asset (MBA) merupakan award bisnis paling awal yang dianugerahkan kepada merek-merek unggul perusahaan. Penelitian ini adalah untuk menelaah signi…
Juli 2015
06/30/2014
23 Agustus 2010
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peranan sistem pengendalian manajemen, yang dipengaruhi oleh pilihan strategi bersaing berdasarkan ketidakpastian lingkungan, dalam mendorong pembentukan pembelajaran organisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja bisnis. Pengujian peranan sistem pengendalian manajemen dilakukan dengan menggabungkan what to control (ukuran kinerja keuangan dan non keua…
Januari 2014
Januari 2013
Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) telah menunjukkan peran penting bagi munculnya ekonomi baru sebagai enabler untuk pertumbuhan, perkembangan, dan modernisasi. Industri ICT ditandai dengan keterkaitan tinggi diantara pelaku pasarnya, meningkatnya persaingan, yang mempromosikan praktek strategi yang fleksibel dan strategi jejaring. Orientasi pasar dikombinasikan dengan perspektif strategi…
Januari 2015
21 Juli 2011
18 Juli 2010
Semakin banyak perusahaan melakukan percepatan pengembangan produk dengan memperpendek waktu pengembangan produk agar produk dapat secepatnya berada di pasar. Studi terdahulu dan studi eksplorasi menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh adanya peluang pasar, biaya ekonomi tinggi, persaingan, intuisi pembuat keputusan, kapabilitas dan citra merek. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah perce…
Sep 28, 06
Ketidakpastian lingkungan menuntut perusahaan untuk senantiasa menyesuaikan diri (adaptabel) terhadap perubahan lingkungan; terutama bagi perusahaan kecil dan menengah yang memiliki keterbatasan sumber daya. Pada perusahaan kecil dan menengah, upaya menyesuaikan diri merupakan cerminan sikap pimpinan atau pengusahanya. Penelitian ini mengkaji pengaruh modal sosial yang terbentuk dari interaksi …
06 Januari 2009
Jan 6, 09