Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai faktor pada Fintech Product-Service System (FPSS) terhadap intensi rekomendasi pelanggan (recommendation intention) dalam industri keuangan non-bank di Indonesia, dengan fokus pada pengguna generasi milenial dan Z yang memiliki tingkat adopsi fintech tinggi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis SEM-PLS, penelitian i…
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk moralitas dari sebuah perusahaan, yang berfokus pada kesadaran sebuah Perusahaan untuk berdampak kepada lingkungan dan seluruh aspek disekitarnya. Dalam pelaksanaannya, CSR sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan sebagai syarat secara nasional. Namun, tidak hanya sebagai syarat, sebuah perusahaan yang menjalankan program tersebut tentu…
Penelitian ini fokus dampak desain dan suasana toko terhadap keputusan pembelian konsumen di wilayah Jabodetabek. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dari desain dan suasana toko pada keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini juga berusaha memahami peran mediasi desain dan suasana toko dalam hubungannya dengan elemen-elemen seperti window display, mannequi…
Era digital memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dengan adanya platform berita dan koran elektronik. Namun, menarik pelanggan berbayar untuk koran elektronik masih menjadi tantangan bagi perusahaan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan langganan berbayar terhadap koran elektronik (digital …
Pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia didorong oleh konsumsi tinggi kopi di kalangan penggemar kopi muda dari Generasi Y dan Z, membuat Indonesia menjadi konsumen kopi nomor satu di Asia Tenggara. Karena tren ini terus membentuk perilaku konsumen, mengeksplorasi dampak dari keterlibatan pelanggan di dalam toko kopi ini menjadi penting. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menyelidiki bag…
Kemajuan teknologi telah mengakibatkan berkembangnya layanan e-commerce, sehingga meningkatkan permintaan dan persaingan terhadap jasa kurir di Indonesia. Pos Indonesia, sebagai pelopor dalam layanan kurir, kini menghadapi persaingan dari pemain industri seperti JNE, J&T, SiCepat, dan lainnya, yang menerapkan strategi berfokus pada pemberian relational benefits. Relational Benefits ini meliputi…
Perkembangan teknologi berbasis internet dan peningkatan penggunaan smartphone telah menjadi alat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan online mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality, customer satisfaction dan customer trust terhadap loyalty intention dalam mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi PLN Mobile. Penelitian ini menggunakan pen…
Peningkatan permintaan dan konsumsi produk elektronik telah menyebabkan peningkatan limbah elektronik dan menimbulkan tantangan untuk mengurangi dampak lingkungan serta mencapai keberlanjutan. Oleh karena itu, upaya transisi menuju ekonomi sirkular yang melibatkan berbagai pihak, termasuk konsumen, diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara faktor-faktor yang meme…
Perkembangan yang pesat dalam industri kosmetika di Indonesia memicu persaingan antar perusahaan. Strategi pemasaran menggunakaan endorsemen selebritas merupakan salah satu strategi yang kerap digunakan oleh perusahaan kosmetika. Didukung dengan fenomena Korean wave di Indonesia, beberapa perusahaan industri kosmetika lokal mulai menggunakan endorsemen selebritas dengan selebriti Korea Selatan.…
Tesis ini meneliti secara empiris pengaruh konstruk dari UTAUT/2 yang sudah dimodifikasi terhadap behavioral intention to use cryptocurrency di Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling menggunakan kuesioner online dalam skala Likert 1-6 dan berhasil mendapatkan 327 responden. Model penelitian dengan 12 hipotesis diuji menggunakan PLS-SEM (variance-based SEM…
Industri Edutech di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dengan meningkatnya adopsi dan proyeksi pendapatan, mendorong munculnya perusahaan bootcamp yang menggunakan media sosial sebagai alat promosi utama. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi merek di media sosial, yaitu Firm-Created Content (FCC) dan User-Generated Content (UGC), terhadap Brand Equity dan respons konsum…
Non Fungible Token (NFT) yang merupakan salah satu aset digital kini mulai banyak digunakan oleh brand dalam strategi pemasaran mereka untuk lebih dekat dengan konsumen generasi muda. Teknologi baru ini dapat menjembatani antara dunia digital dengan produk fisik dan membentuk komunitas bagi brand. Popularitas dari NFT sendiri meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena trend cryptocurrency d…
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan anteseden-anteseden halal destination brand equity dan pengaruhnya terhadap tourist motivation dan travel revisit intention pada 10 destinasi pariwisata halal yang dipilih Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berdasarkan Indonesian Muslim Travel Index 2019. Data penelitian didapatkan dari 413 wisatawan nusantara pada generasi X d…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demand, convenience, interactivity, dan playfulness sebagai faktor eksternal video pendek yang memberikan stimulus terhadap perceived enjoyment. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived enjoyment terhadap hedonic motivation dari pembelian produk pakaian yang pernah dilakukan. Kemudian, hedonic motivation dari pembelian …
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara sequence dari stimulus berupa postingan produk dan beauty influencer di media sosial berpengaruh terhadap berbagai oganism sehingga memunculkan respon berupa intensi untuk mengikuti akun beauty influencer, meniru Iifestyle dari beauty influencer, dan merekomendasikan beauty influencer tersebut. Peneliti menggunakan data kuantitatif unt…
Dewasa ini pertumbuhan bisnis dan ekonomi sudah semakin maju. Begitu pula dengan Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek yang terdiri Ibukota Jakarta dan kota-kota disekitarnya dengan populasi usia produktif yang cukup tinggi. Namun, selain dari pertumbuhan bisnis dan ekonomi, peningkatan jumlah limbah pun semakin meningkat. Salah satunya jumlah limbah pada industri tekstil Indonesia. Oleh …
Platform media sosial, khususnya Instagram, sangat penting dalam strategi pemasaran modern untuk melibatkan konsumen, meningkatkan visibilitas merek, dan membangun hubungan dengan komunitas. Merek memanfaatkan Instagram untuk memposting konten, berinteraksi dengan pengikut, dan mendorong metrik keterlibatan seperti like, share, dan komentar.. Penelitian ini berfokus pada peran Instagram dalam p…
Niat penggunaan berkelanjutan (Continuous Use Intention) menjadi fokus teori branding dalam banyak literatur pemasaran dalam memahami perkembangan teknologi yang semakin kompetitif. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat masyarakat semakin banyak terhubung menggunakan internet dan kehidupan romansa banyak diperantarai oleh aplikasi kencan. Penelitian ini membahas pengaruh konstruk U…