Studi ini meneliti strategi keberlanjutan bisnis (business sustainability strategy), yaitu strategi yang mengintegrasikan dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan di perusahaan hulu migas di Indonesia. Kegiatan di industri minyak dan gas mencakup eksplorasi dan produksi yang berdampak langsung terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Dengan demikian, perusahaan terkait perlu memasukkan konsep …
Kinerja perguruan tinggi swasta, khususnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Pulau Jawa sangat dipengaruhi oleh praktik kepemimpinan dan faktor tekanan lingkungan eksternal. Kedua faktor tersebut berperan dalam membangun flesibilitas strategis, orientasi pasar dan kinerja STIE. Model penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan dua perspektif manajemen strategis : perspektif ekonomi denga…
Dengan ketidakpastian lingkungan, peran ekstra dari para pemimpin tingkat menengah dalam operasi lapangan menjadi kekuatan pendorong dalam memediasi kemampuan operasional internal untuk meningkatkan kinerja unit lapangan khususnya di negara-negara berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menangkap pemahaman tentang pengaruh komitmen tim manajemen puncak dan pengembangan ketangkasan kepemimpin…
Penelitian ini bertujuan menggali variabel kunci terkait ekspektasi dan psychology investor pada saat penyampaian minat awal berinvestasi pada periode Pre-IPO. Investor mempersepsikan perusahaan dalam tahap Pre-IPO sebagai sebuah ?paket investasi? dengan potensi pertumbuhan yang menarik. Potensi pertumbuhan ini yang berdampak pada keputusan investasi. Terdapat dua variabel yang mempengaruhi pro…
Kondisi lingkungan yang tidak pasti, sumber daya perusahaan yang terbatas, peraturan pemerintah yang berkembang, dan masyarakat lokal yang masih terikat oleh adat menjadikan Papua konteks terbaik dalam menggambarkan proses pengambilan keputusan strategis dalam lingkungan yang tidak pasti dalam hal industri, sosial, dan peraturan pemerintah. Hasil studi ini menemukan, pemerintah dan sumber daya …
Terdapat paradoks dalam inovasi terbuka berbasis platform di mana startup Multi-Sided Platform (MSP) digital dengan kapasitas kreasi awal yang rendah mampu menerapkan strategi inovasi terbuka yang umumnya membutuhkan tingkat tinggi kemampuan kreasi bersama. Penelitian ini mengatasi kesenjangan ini dengan secara teoritis mengembangkan hubungan antara logika yang efektif - tindakan kewirausahaan …
Industri kreatif adalah industri yang berbasis pada kreativitas manusia dan mengandalkan pengetahuan dan penelitian untuk menghasilkan kemampuan berinovasi. Pada umumnya, industri kreatif di Indonesia adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang mempunyai keterbatasan sumber daya untuk memperoleh pengetahuan, sehingga membutuhkan sumber daya eksternal yaitu dengan cara berkolaborasi denga…
Perusahaan operator telekomunikasi di Indonesia menghadapi persaingan yang sangat ketat. Agar tetap bertahan, organisasi harus memiliki kemampuan beradaptasi, berinovasi, dan dinamis. Perusahaan di industri ini membutuhkan pengetahuan eksternal organisasi untuk beradaptasi dengan teknologi baru dan membuat produk baru, maka diperlukan konsultan dengan kerja berbasis proyek. Namun persentase keb…
Strategi bersaing telah dipahami memiliki peran dominan bagi perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif dan kinerja tinggi. Namun demikian, fokus ke arah hal ini sering menemui kendala tidak tercapainya salah satu faktor penting, yaitu kurangnya perhatian perusahaan dalam hal pentingnya "hubungan pelanggan" sebagai sumber untuk kinerja perusahaan. Studi ini menyelidiki keterkaitan antara p…
23 Agustus 2010
Januari 2010
Mei 2011
Januari 2013
Januari 2014
09 Juni 2009
04/10
08 Januari 2010
Isu perubahan iklim yang semakin berkembang membuat pembangunan dan perusahaan dihadapkan pada konsep keberlanjutan, yaitu tetap menjalankan bisnis dengan memperhatikan dampak lingkungan. Konsep keberlanjutan telah menciptakan kebiasaan/pola hidup dan pasar yang baru berupa permintaan terhadap produk-produk hijau atau yang ramah lingkungan. Peluang tersebut ditangkap oleh para pelaku bisnis den…
Penelitian tentang pengaruh pentingnya kemampuan digital serta inertia terhadap perubahan strategi UKM sektor ritel belum banyak dilakukan. Data dikumpulkan dari 157 UKM yang ada di Jakarta. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan digital dan perubahan strategi dimana perubahan strategi juga menjadi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UKM. Namun inertia tidak si…