Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
EVALUASI PENGAWASAN WAJIB
PAJAK DENGAN METODE
SEGMENTASI STUDI KASUS: KPP
PRATAMA JAKARTA SAWAH BESAR
DUA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Evaluasi Pengawasan Wajib Pajak Dengan Metode Segmentasi Studi Kasus: KPP Pratama Jakarta Sawah besar Dua

Evaluation of Taxpayer Supervision using Segmentation Method (Case Study of KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua)

Muammar Khadafi - ; Dwi Martani (Pembimbing/Promotor) - ; Yulianti (Penguji) - ; Subagio Efendi (Penguji) - ;

DJP dalam rangka optimalisasi fungsi pengawasan kepada Wajib Pajak untuk meningkatkan penerimaan dan kepatuhan Wajib Pajak mengeluarkan SE-05/PJ/2022 tentang Pengawasan Kepatuhan Wajib Pajak yang merupakan penyempurnaan dari SE-07/PJ/2020. Salah satu ketentuan dalam aturan tersebut mengatur tentang pemisahan segmen Wajib Pajak di tingkat KPP Pratama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pengawasan Wajib Pajak dengan metode segmentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan objek penelitian pada KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua. Evaluasi dilakukan menggunakan kriteria yang diterbitkan oleh OECD 2021 yaitu relevansi, koherensi, efektivitas, efisiensi, dampak, dan keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pengawasan Wajib Pajak dengan metode segmentasi relevan menjawab kebutuhan KPP dalam optimalisasi fungsi pengawasan, selaras dengan kebijakan perpajakan dan kebijakan di instansi lainnya, dilaksanakan dengan efektif dan efisien, memiliki dampak positif dalam peningkatan penerimaan dan kepatuhan Wajib Pajak, dan oleh karena itu kebijakan ini perlu dilanjutkan dan diperbaiki. Namun, dalam penerapan pengawasan Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua masih menghadapi beberapa kendala yaitu kendala terkait Wajib Pajak, kendala terkait sumber daya manusia (Account Representative), kendala terkait teknologi informasi, dan kendala terkait data.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 544/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPolicy evaluation
Account representative
OECD criteria
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 210 p.: il: 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?