Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS SANGKETA REMUNERASI
ATAS AKTIVITAS PEMASARAN
PADA INDUSTRI MAKANAN DAN
MINUMAN (STUDI KASUS ATAS
PUTUSAN PENGAD...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Sangketa Remunerasi Atas Aktivitas Pemasaran Pada Industri Makanan dan Minuman (Studi Kasus Atas Putusan Pengadilan PajakTahun 2020-2023)

Analysis of Remuneration Disputes on Marketing Activities in the Food and Beverage Industry (Case Study on the Tax Court Decisions in 2020-2023)

Cut Sarah Dwindahany - ; Yulianti (Penguji) - ; Arifin Rosid (Penguji) - ; Subagio Efendi (Pembimbing/Promotor) - ;

Penelitian ini menginvestigasi penyebab sengketa remunerasi atas aktivitas pemasaran yang dilakukan secara berlebihan sehingga dianggap meningkatkan nilai marketing intangible dan menganalisis bentuk remunerasi yang tepat atas aktivitas pemasaran yang berlebihan tersebut. Penelitian ini menginvestigasi penyebab sengketa dengan menggunakan fishbone diagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi kasus putusan pengadilan pajak Indonesia dari tahun 2020 hingga 2023. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui wawancara dan data pendukung yang ada, untuk kemudian saling dikonfirmasi kesesuaiannya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa munculnya sengketa terutama disebabkan oleh lemahnya pembuktian atas koreksi yang dilakukan oleh otoritas pajak. Penerapan prinsip kewajaran dan kelaziman usaha menjadi sangat subjektif karena peraturan penetapan harga transfer yang tidak jelas, penilaian yang kurang memadai atas kompleksitas bisnis perusahaan, dan kurangnya data pembanding. Otoritas pajak harus memperbaiki peraturan domestik tentang transfer pricing terutama terkait penerapan pasal 18 ayat (3) Undang-Undang Pajak Penghasilan dan mengungkapkan daftar nominatif biaya promosi wajib pajak untuk menerapkan koreksi yang tepat dalam kasus ini. Secara empiris, penelitian ini memiliki kebaruan dengan menggunakan perspektif hakim pengadilan pajak dan didasarkan pada putusan pengadilan pajak di Indonesia. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat dalam mengkaji besaran remunerasi yang wajar atas kegiatan pemasaran yang berlebihan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 531/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekRemuneration
Marketing intangible
Excessive marketing
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 211 p.: il: 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?