Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGGUNAAN TEORI USES AND
GRATIFICATION TERHADAP
SUBSCRIPTION INTENTION DAN
CONTINUANCE INTENTION
KONSUMEN DALAM BERLANG...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Penggunaan Teori Uses and Gratification Terhadap Subscription Intention dan Continuance Intention Konsumen dalam Berlangganan Over-the-top (OTT) Video Streaming Platform Netflix: Studi Pada Milenial dan Gen Z di Jabodetabek

The Uses and Gratification Theory on Consumer Subscription Intention and Continuance Intention in Subscribing to Over-the-top (OTT) Video Streaming Platform Netflix: A Study on Millennials and Gen Z in Jabodetabek

Rifqi Dwi Fianto - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Sumiyarto (Penguji) - ;

Dalam era digital, platform Over-the-Top (OTT) seperti Netflix telah menjadi pilihan utama masyarakat untuk mengakses hiburan, terutama bagi generasi Milenial dan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen-elemen Uses and Gratifications Theory (UGT)—termasuk kenyamanan (conveniency), hiburan (entertainment), interaksi sosial (social interaction), pencarian informasi (information seeking), kebersamaan (companionship), relaksasi (relaxation), dan binge-watching—terhadap niat berlangganan (Subscription Intention) dan niat melanjutkan langganan (continuance intention). Data dikumpulkan melalui survei daring terhadap 211 responden di Indonesia yang memenuhi kriteria demografis dan pengalaman berlangganan OTT. Analisis dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling dengan pendekatan Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen seperti kenyamanan, hiburan, dan kebersamaan memiliki pengaruh signifikan terhadap niat melanjutkan langganan, sedangkan binge-watching dan pencarian informasi secara khusus memengaruhi niat berlangganan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis terhadap literatur UGT dan menawarkan wawasan strategis bagi perusahaan OTT dalam mengembangkan fitur dan strategi pemasaran yang relevan dengan kebutuhan konsumen lokal, khususnya Milenial dan Generasi Z.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15411PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekContinuance Intention
Millennials
Generation Z
Netflix
Subscription Intention
Uses and Gratifications Theory
OTT
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 107 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?