Skripsi
Mengukur Kemajuan: Analisis Kualitas Pendidikan di Indonesia
Kualitas pendidikan di Indonesia masih menjadi masalah yang terus berlanjut meskipun ada kemajuan dalam peningkatan tingkat partisipasi sekolah di berbagai tingkat pendidikan. Masalah akses ke pendidikan dasar dan menengah, serta pemenuhan keterampilan dasar siswa, tidak lagi menjadi perhatian yang signifikan. Namun, tantangan yang masih ada terletak pada kemampuan sistem pendidikan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa, sehingga mereka dapat bersaing dengan rekan-rekan mereka di tingkat internasional. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang rendah secara konsisten dalam penilaian lokal, seperti Ujian Nasional (data terbaru dari tahun 2019), dan penilaian internasional, seperti PISA. Dengan menggunakan kerangka kerja fungsi produksi pendidikan dan data sekunder yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pendidikan, studi ini bertujuan untuk menentukan apakah apakah tren peningkatan output/outcome pendidikan dapat dijelaskan oleh peningkatan dalam input pendidikan. Analisis menunjukkan bahwa outcome/output pendidikan yang lebih baik, seperti tingkat penyelesaian pendidikan, pendidikan tertinggi yang ditamatkan, tingkat melek huruf, dan rata-rata lama sekolah, sejalan dengan peningkatan input pendidikan dasar, seperti infrastruktur dasar, rasio guru-murid, dan tingkat pendidikan guru. Sementara itu, kemampuan kognitif siswa yang relatif rendah dapat dikaitkan dengan rendahnya tingkat infrastruktur pendidikan yang relatif rendah, rendahnya proporsi guru yang bersertifikat, anggaran pendidikan per kapita yang relatif rendah, dan banyaknya perubahan kurikulum.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15412 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Education quality Education Outcome/Output Education Input |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 54 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Studi Mandiri |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |