Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
MEASURING PROGRESS: AN
ANALYSIS OF EDUCATION
QUALITY IN INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Measuring Progress: An Analysis of Education Quality in Indonesia

Mengukur Kemajuan: Analisis Kualitas Pendidikan di Indonesia

Fadia Naufalia Abdilla - ; Widyanti Soetjipto (Pembimbing/Promotor) - ; Isfandiarni (Penguji) - ; Farma Mangunsong (Penguji) - ;

Kualitas pendidikan di Indonesia masih menjadi masalah yang terus berlanjut meskipun ada kemajuan dalam peningkatan tingkat partisipasi sekolah di berbagai tingkat pendidikan. Masalah akses ke pendidikan dasar dan menengah, serta pemenuhan keterampilan dasar siswa, tidak lagi menjadi perhatian yang signifikan. Namun, tantangan yang masih ada terletak pada kemampuan sistem pendidikan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa, sehingga mereka dapat bersaing dengan rekan-rekan mereka di tingkat internasional. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang rendah secara konsisten dalam penilaian lokal, seperti Ujian Nasional (data terbaru dari tahun 2019), dan penilaian internasional, seperti PISA. Dengan menggunakan kerangka kerja fungsi produksi pendidikan dan data sekunder yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pendidikan, studi ini bertujuan untuk menentukan apakah apakah tren peningkatan output/outcome pendidikan dapat dijelaskan oleh peningkatan dalam input pendidikan. Analisis menunjukkan bahwa outcome/output pendidikan yang lebih baik, seperti tingkat penyelesaian pendidikan, pendidikan tertinggi yang ditamatkan, tingkat melek huruf, dan rata-rata lama sekolah, sejalan dengan peningkatan input pendidikan dasar, seperti infrastruktur dasar, rasio guru-murid, dan tingkat pendidikan guru. Sementara itu, kemampuan kognitif siswa yang relatif rendah dapat dikaitkan dengan rendahnya tingkat infrastruktur pendidikan yang relatif rendah, rendahnya proporsi guru yang bersertifikat, anggaran pendidikan per kapita yang relatif rendah, dan banyaknya perubahan kurikulum.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15412PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekEducation quality
Education Outcome/Output
Education Input
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 54 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikStudi Mandiri
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?