Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI KEPUTUSAN
PENERIMAAN KLIEN PADA KAP
SECOND TIER
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penerimaan Klien pada KAP Second Tier

Factors Influencing Client Acceptance Decisions at Second-Tier Public Accounting Firms

Dinda Tunjungsari - ; Fitriany (Pembimbing/Promotor) - ; Eliza Fatima (Penguji) - ; Widya Perwitasari (Penguji) - ;

Pada tahun 2023, beberapa Kantor Akuntan Publik (KAP) Second Tier terlibat dalam audit laporan keuangan yang mengandung kecurangan (fraudulent financial statements) dan berujung pada pencabutan izin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK). Mengatasi hal tersebut, salah satu langkah yang bisa dilakukan KAP adalah dengan melakukan penilaian menyeluruh terhadap integritas manajemen dan risiko bisnis klien sebelum perikatan dimulai. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan penerimaan klien pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Second Tier di Indonesia dengan menganalisis data kuesioner dari 292 klien yang diterima maupun ditolak oleh tiga KAP Second Tier selama periode 2022–2024. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara serta data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan klien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko audit, risiko bisnis KAP, integritas manajemen, audit fee, dan ukuran perusahaan secara signifikan memengaruhi keputusan penerimaan klien. Risiko audit dan risiko bisnis KAP berpengaruh negatif karena potensi litigasi dan dampak terhadap reputasi KAP, sedangkan integritas manajemen, audit fee, dan ukuran perusahaan memberikan pengaruh positif terhadap keputusan penerimaan klien. Di sisi lain, risiko bisnis klien dan risiko audit tidak berpengaruh signifikan karena KAP lebih fokus kepada variable lainnya yang lebih relevan. Penelitian ini merekomendasikan KAP untuk memperkuat proses evaluasi risiko guna memitigasi potensi litigasi dan melindungi reputasi. Regulator, khususnya PPPK diharapkan meningkatkan pengawasan terhadap proses penerimaan klien, termasuk menetapkan standar audit yang lebih komprehensif, seperti evaluasi pelaksanaan PMPJ (Prinsip Mengenali Pengguna Jasa).


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 121/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekRisk management
Audit
Client Acceptance Decision
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 84 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?