Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SOCIAL MEDIA USAGE
DAN INTENTION TO USE
TERHADAP STRATEGI ADOPSI
PENGGUNAAN QRIS DI MOBILE
BANKING DENGAN KEPER...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Social Media Usage Dan Intention to Use Terhadap Strategi Adopsi Penggunaan QRIS Di Mobile Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pelaku Usaha UMKM

The Influence of Social Media Usage and User Intention on QRIS Adoption Strategy in Mobile Banking with Trust as a Mediating Variable on MSME Business Actors

Fachrizal Giofani - ; Dwi Nastiti Danarsari (Pembimbing/Promotor) - ; Ruslan Prijadi (Penguji) - ; Elok Savitri Pusparini (Penguji) - ;

Penelitian ini menganalisis pengaruh Social Media Usage dan Intention to Use terhadap adopsi penggunaan QRIS di mobile banking oleh pelaku UMKM, dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya kebutuhan digitalisasi layanan keuangan serta peran QRIS sebagai standar sistem pembayaran nasional yang efisien dan inklusif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner kepada UMKM di wilayah Jabodetabek. Dengan populasi merchant QRIS sebanyak 32,7 juta per Juni 2024, teknik Slovin menghasilkan minimal 100 sampel. Setelah proses pembersihan data, 85 responden dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa Social Media Usage dan Intention to Use tidak berpengaruh langsung terhadap adopsi QRIS, dengan nilai T statistic 0.860 (p = 0.390) dan 1.496 (p = 0.135), serta pengaruh 0.088 dan 0.165. Namun, keduanya berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, dengan T statistic 5.298 dan 5.729 (p = 0.000), serta pengaruh 0.442 dan 0.489. Kepercayaan terbukti signifikan memengaruhi adopsi QRIS dengan T statistic 7.072 (p = 0.000) dan pengaruh 0.881. Secara tidak langsung, Social Media Usage dan Intention to Use memengaruhi adopsi QRIS melalui kepercayaan, dengan pengaruh masing-masing 0.390 dan 0.431. Penelitian ini menegaskan bahwa kepercayaan menjadi faktor kunci dalam mendorong adopsi QRIS, serta pentingnya strategi komunikasi digital berbasis media sosial untuk memperkuat kepercayaan UMKM terhadap teknologi keuangan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 122/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekTrust
User intention
MSMEs
QRIS
social media usage
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 257 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?