Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE IMPACT OF STRATEGIC
ORIENTATION AND
ORGANIZATIONAL READINESS IN
DIGITAL TRANSFORMATION: THE
ROLE OF BRANCH
MANAGER...
DISERTASI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Disertasi

The Impact of Strategic Orientation and Organizational Readiness in Digital Transformation: The Role of Branch Managers of MSME Leading Bank in Indonesia

Pengaruh Orientasi Strategi dan Kesiapan Organisasi dalam Transformasi Digital: Peran Pemimpin Cabang dari Bank UMKM Terkemuka di Indonesia

Retno Wahyuni Wijayanti - ; Rofikoh Rokhim (Pembimbing/Promotor) - ; Sari Wahyuni (Penguji) - ; Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ; Elok Savitri Pusparini (Penguji) - ; Tengku Ezni Balqiah (Penguji) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (CoPromotor) - ; Anwar Sanusi (Penguji) - ; Eka Pria Anas (CoPromotor) - ;

Studi ini mengeksplorasi dampak orientasi strategis terhadap transformasi digital melalui
kapabilitas manajemen dinamis dan kesiapan organisasi. Fokusnya adalah pada
transformasi digital sektor UMKM. Kami menggunakan kantor cabang bank UMKM
terkemuka di Indonesia sebagai unit analisis. Rumus Slovin dan teknik pengambilan
sampel non-probabilitas menentukan ukuran sampel. Pemimpin Cabang, Pemimpin
Cabang Pembantu, dan Manajer fungsional melengkapi kuesioner skala Likert untuk
mengumpulkan data. Kami mengumpulkan 4.964 tanggapan dari responden, menentukan
2.212 (80%) sebagai duplikat dan memperlakukan 2.752 tanggapan yang tersisa sebagai
data rata-rata dari 422 kantor cabang bank. Studi ini menggunakan pemodelan persamaan
struktural kuadrat terkecil parsial (PLS-SEM) untuk menganalisis data. Studi ini
menemukan bahwa orientasi pasar, orientasi digital, dan orientasi kewirausahaan
berdampak positif terhadap transformasi digital melalui kapabilitas manajemen dinamis
atau kesiapan organisasi. Orientasi pemasaran berdampak negatif pada kesiapan
organisasi, tetapi dapat ditingkatkan secara tidak langsung melalui orientasi digital atau
kapabilitas manajerial dinamis. Orientasi pemasaran berdampak positif terhadap
transformasi digital karena mediasi orientasi digital atau kapabilitas manajerial dinamis.
Kemampuan manajemen yang dinamis dan kesiapan organisasi diperlukan untuk
menghubungkan transformasi digital. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya
kepemimpinan, inovasi, dan penyelarasan strategi untuk proyek digital yang sukses.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 621PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekStrategic orientation
Digital transformation
organizational readiness
dynamic managerial capabilities
MSME bank
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxviii, 390 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikDisertasi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?