Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK PAPARAN IKLAN ONLINE
TERHADAP NIAT UNTUK
MENGUNDUH APLIKASI PINJAMAN
ONLINE PADA KELOMPOK DEWASA
MUDA (18-27 TAHU...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Dampak Paparan Iklan Online Terhadap Niat untuk Mengunduh Aplikasi Pinjaman Online pada Kelompok Dewasa Muda (18-27 Tahun) di Indonesia

The Impact of Online Advertising Exposure on Intention to Download Online Loan Applications among Young Adults (18-27 Years) in Indonesia

Fahmi Aji Pranata - ; Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ; Tengku Ezni Balqiah (Penguji) - ;

Penelitian ini mengevaluasi dampak dari iklan pinjaman online terhadap inspire-to behaviour mengunduh aplikasi pinjaman online oleh Generasi Z (Gen-Z) di Indonesia. Data dikumpulkan dari Gen-Z berusia 18-27 tahun untuk meneliti variabel independen informativeness, entertainment, irritation, dan incentive terhadap advertisement value. Hasilnya menunjukkan bahwa elemen-elemen iklan memiliki pengaruh signifikan, terutama variable incentive. Variable mediasi advertisement value, perceived risk dan trust juga pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inspire-to behaviour. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Profil responden menunjukkan mayoritas laki-laki, dengan pendidikan Sarjana, dan mayoritas mahasiswa. Implikasinya, peningkatan efektivitas strategi pemasaran di industri pinjaman online dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan keputusan konsumen Gen-Z untuk mengunduh aplikasi pinjaman online. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pendekatan dalam iklan pinjaman online untuk mengurangi elemen iklan yang tidak dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Saran penelitian selanjutnya mencakup peningkatan keberagaman sampel dan penggunaan model penelitian yang lebih terbaru berdasarkan perkembangan teori yang ada. Penelitian ini berkontribusi pada literatur pemasaran digital dan perilaku konsumen, serta memberikan wawasan bagi pemasar dalam merancang strategi yang lebih efektif dan bertanggung jawab dalam konteks iklan pinjaman online di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 501/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekInternet advertising
Young adults
Trust
Perceived risk
Online loans
Online lending
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 99 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?