Tesis
The Impact of Online Advertising Exposure on Intention to Download Online Loan Applications among Young Adults (18-27 Years) in Indonesia
Penelitian ini mengevaluasi dampak dari iklan pinjaman online terhadap inspire-to behaviour mengunduh aplikasi pinjaman online oleh Generasi Z (Gen-Z) di Indonesia. Data dikumpulkan dari Gen-Z berusia 18-27 tahun untuk meneliti variabel independen informativeness, entertainment, irritation, dan incentive terhadap advertisement value. Hasilnya menunjukkan bahwa elemen-elemen iklan memiliki pengaruh signifikan, terutama variable incentive. Variable mediasi advertisement value, perceived risk dan trust juga pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inspire-to behaviour. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Profil responden menunjukkan mayoritas laki-laki, dengan pendidikan Sarjana, dan mayoritas mahasiswa. Implikasinya, peningkatan efektivitas strategi pemasaran di industri pinjaman online dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan keputusan konsumen Gen-Z untuk mengunduh aplikasi pinjaman online. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pendekatan dalam iklan pinjaman online untuk mengurangi elemen iklan yang tidak dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Saran penelitian selanjutnya mencakup peningkatan keberagaman sampel dan penggunaan model penelitian yang lebih terbaru berdasarkan perkembangan teori yang ada. Penelitian ini berkontribusi pada literatur pemasaran digital dan perilaku konsumen, serta memberikan wawasan bagi pemasar dalam merancang strategi yang lebih efektif dan bertanggung jawab dalam konteks iklan pinjaman online di Indonesia.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 501/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Internet advertising Young adults Trust Perceived risk Online loans Online lending |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 99 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |