Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
BAGAIMANA ATRIBUT FITUR
MEMPENGARUHI NIAT BELI
KONSUMEN DALAM LIVE
STREAMING COMMERCE? STUDI
KASUS SHOPEE LIVE DALAM
TEO...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Bagaimana Atribut Fitur Mempengaruhi Niat Beli Konsumen dalam Live Streaming Commerce? Studi Kasus Shopee Live dalam Teori S-O-R dan Perspektif IT Affordance

How Do Features Attributes Influence Consumer Purchase Intention in Live Streaming Commerce? A Case Study of Shopee Live in S-O-R Theory and IT Affordance Perspectives

Sarah Annisa - ; Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Live Streaming Commerce (LSC) merevolusi e-commerce dengan menggabungkan interaksi real time dan demonstrasi produk secara langsung. Meskipun sejumlah penelitian sebelumnya telah banyak berfokus pada pasar yang sudah lebih maju (seperti Cina dan India) dan platform social commerce, kajian mengenai LSC dalam konteks platform e-commerce di Asia Tenggara masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan mengisi kesenjangan tersebut dengan menerapkan perspektif IT affordance dan model S-O-R (Stimulus-Organism-Response) untuk mengkaji bagaimana enam bentuk IT affordance—yakni visibility, meta-voicing, guidance shopping, trading affordance, triggered attending, dan social interaction—mempengaruhi kepercayaan (trust), rasa kehadiran (presence), dan niat beli (purchase intention)dalam LSC. Survei terhadap 306 pengguna Shopee Live di Indonesia yang dianalisis menggunakan metode PLS-SEM menunjukkan bahwa dari seluruh konstruk yang diuji, hanya meta-voicing yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Di sisi lain, social interaction terbukti memiliki pengaruh paling dominan dalam membangun trust dan presence. Selain itu, kepercayaan dan rasa kehadiran juga secara signifikan mempengaruhi timbulnya niat beli konsumen selama sesi LSC berlangsung. Studi ini memperluas penerapan teori IT affordance ke pasar yang belum banyak diteliti, serta memberikan implikasi praktis bagi strategi peningkatan keterlibatan konsumen dalam LSC yang berbasis e-commerce.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 129/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Trust
Presence
E-commerce
Live streaming commerce
IT Affordance
Shopee Live
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 118 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?