Tesis
How Do Features Attributes Influence Consumer Purchase Intention in Live Streaming Commerce? A Case Study of Shopee Live in S-O-R Theory and IT Affordance Perspectives
Live Streaming Commerce (LSC) merevolusi e-commerce dengan menggabungkan interaksi real time dan demonstrasi produk secara langsung. Meskipun sejumlah penelitian sebelumnya telah banyak berfokus pada pasar yang sudah lebih maju (seperti Cina dan India) dan platform social commerce, kajian mengenai LSC dalam konteks platform e-commerce di Asia Tenggara masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan mengisi kesenjangan tersebut dengan menerapkan perspektif IT affordance dan model S-O-R (Stimulus-Organism-Response) untuk mengkaji bagaimana enam bentuk IT affordance—yakni visibility, meta-voicing, guidance shopping, trading affordance, triggered attending, dan social interaction—mempengaruhi kepercayaan (trust), rasa kehadiran (presence), dan niat beli (purchase intention)dalam LSC. Survei terhadap 306 pengguna Shopee Live di Indonesia yang dianalisis menggunakan metode PLS-SEM menunjukkan bahwa dari seluruh konstruk yang diuji, hanya meta-voicing yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Di sisi lain, social interaction terbukti memiliki pengaruh paling dominan dalam membangun trust dan presence. Selain itu, kepercayaan dan rasa kehadiran juga secara signifikan mempengaruhi timbulnya niat beli konsumen selama sesi LSC berlangsung. Studi ini memperluas penerapan teori IT affordance ke pasar yang belum banyak diteliti, serta memberikan implikasi praktis bagi strategi peningkatan keterlibatan konsumen dalam LSC yang berbasis e-commerce.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 129/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Trust Presence E-commerce Live streaming commerce IT Affordance Shopee Live |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 118 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |