Text
Understanding Motivations to Use Subscription Video-on-Demand (SVOD) Services in Indonesia by Integrating The Technology Acceptance Model (TAM) and The Uses Gratifications Theory (UGT)
Di masa pandemi COVID-19, penggunaan teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Khususnya di sektor entertainment, adanya kebijakan pembatasan sosial dan fisik yang membuat masyarakat harus berdiam diri di rumah meningkatkan penggunaan layanan online streaming. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi masyarakat Indonesia dalam menggunakan layanan online streaming, khususnya layanan Subscription-Video-on-Demand (SVOD) berbayar premium. Dengan menggabungkan kerangka kerja TAM (Technology Acceptance Model) dan UGT (Uses Gratification Theory), penelitian ini juga mengisi celah penelitian dengan menambahkan perceived price level. Sebanyak 420 responden berhasil dikumpulkan dengan metode purposive dan convenience sampling, kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini memvalidasi TAM dan UGT, dimana menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness memiliki hubungan positif dengan intention to use, tetapi perceived ease of use perlu dimediasi oleh perceived usefulness. Selain itu, motivation for ritualized use dan motivation for instrumental use berpengaruh terhadap intention to use. Terakhir, perceived price level berpengaruh namun secara negatif terhadap intention to use.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
12926 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2021 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Subscription Video on Demand The Technology Acceptance Model The Uses Gratifications Theory |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xvi, 141 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |