Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH OPENNESS
TO CHANGE DAN COMPATIBILITY
TERHADAP NIAT PEMBELIAN
KONSUMEN ONLINE TRAVEL
AGENCIES (OTA) PAD...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Openness to Change dan Compatibility Terhadap Niat Pembelian Konsumen Online Travel Agencies (OTA) Pada Layanan Traveloka Xperience

Analysis of the Influence of the Openness to Change and Compatibility Characteristics on Consumer Purchase Intention in Online Travel Agencies (OTA) for Traveloka Xperience Services

Karensza Audira - ; Sri Daryanti (Pembimbing/Promotor) - ; Sumiyarto (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Benefit dan Perceived Risk terhadap Purchase Intention konsumen dalam konteks layanan tiket atraksi dan hiburan melalui platform Traveloka Xperience di Indonesia, dengan mempertimbangkan peran karakteristik individu berupa Openness to Change dan Compatibility. Mengadopsi pendekatan valence framework, penelitian ini juga menambahkan dimensi Hedonic Value pada konstruk Perceived Benefit.Data dikumpulkan melalui survei terhadap 200 responden yang merupakan pengguna aktif layanan Traveloka Xperience. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Benefit berpengaruh positif signifikan terhadap Purchase Intention, sementara Perceived Risk tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Karakteristik Openness to Change memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Perceived Benefit dan Purchase Intention, serta berpengaruh negatif signifikan terhadap Perceived Risk. Sementara itu, Compatibility berpengaruh positif signifikan terhadap Perceived Benefit dan Purchase Intention, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Perceived Risk. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam konteks layanan hiburan digital, persepsi manfaat dan nilai hedonik lebih dominan memengaruhi niat beli konsumen dibandingkan persepsi risiko. Selain itu, karakteristik individu seperti keterbukaan terhadap perubahan dan kesesuaian nilai berperan penting dalam membentuk persepsi konsumen terhadap layanan OTA. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh penyedia layanan OTA untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan menekankan aspek manfaat dan kesenangan dalam penggunaan layanan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15480PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Perceived risk
Compatibility
Perceived Benefit
Valence framework
Traveloka Xperience
Online Travel Agencies (OTA)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 132 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?