Skripsi
Analysis of Customer Engagement in Indonesian Food Delivery App through Social Media Marketing on Instagram
Penelitian ini mengkaji pengaruh dari elemen-elemen pemasaran dalam media sosial, khususnya Instagram, terhadap keterlibatan pelanggan, serta pengaruh dari keterlibatan pelanggan terhadap perilaku konsumen. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah elemen-elemen pemasaran dalam media sosial seperti perceived informativeness, perceived interactivity, personalization, trendiness, dan word-of-mouth memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer engagement, serta pengaruh positif yang signifikan dari customer engagement sendiri terhadap co-production, customer referral, purchase intention, dan customer satisfaction. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain konklusif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 241 responden yang terkualifikasi berdasarkan kriteria responden yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari lima elemen pemasaran media sosial yakni perceived informativeness, trendiness, dan word-of-mouth memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer engagement, sedangkan dua lainnya yakni perceived interactivity dan personalization memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan. Selain itu, ditemukan juga bahwa customer engagement memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keempat perilaku konsumen. Penelitian ini membuka wawasan penting bagi para perusahaan aplikasi layanan pesan-antar makanan di Indonesia, terutama bagi para manajer di bidang pemasaran agar mereka bisa mengatur strategi pemasaran media sosial Instagram yang efektif untuk menunjang keterlibatan pelanggan dan mendukung perilaku konsumen yang positif dan menguntungkan.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| S 15506 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Consumer behavior Customer engagement Social media marketing Food Delivery App |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xii, 188 p. : il. ; 30 cm. |
| Info Detail Spesifik | Skripsi |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |