Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS KETERLIBATAN
PELANGGAN DALAM APLIKASI
PESAN-ANTAR MAKANAN
INDONESIA MELALUI PEMASARAN
MEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Keterlibatan Pelanggan dalam Aplikasi Pesan-Antar Makanan Indonesia melalui Pemasaran Media Sosial di Instagram

Analysis of Customer Engagement in Indonesian Food Delivery App through Social Media Marketing on Instagram

Selina Sasmaradevi Harriman - ; Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Adrian Achyar (Penguji) - ;

Penelitian ini mengkaji pengaruh dari elemen-elemen pemasaran dalam media sosial, khususnya Instagram, terhadap keterlibatan pelanggan, serta pengaruh dari keterlibatan pelanggan terhadap perilaku konsumen. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah elemen-elemen pemasaran dalam media sosial seperti perceived informativeness, perceived interactivity, personalization, trendiness, dan word-of-mouth memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer engagement, serta pengaruh positif yang signifikan dari customer engagement sendiri terhadap co-production, customer referral, purchase intention, dan customer satisfaction. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain konklusif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 241 responden yang terkualifikasi berdasarkan kriteria responden yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari lima elemen pemasaran media sosial yakni perceived informativeness, trendiness, dan word-of-mouth memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer engagement, sedangkan dua lainnya yakni perceived interactivity dan personalization memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan. Selain itu, ditemukan juga bahwa customer engagement memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keempat perilaku konsumen. Penelitian ini membuka wawasan penting bagi para perusahaan aplikasi layanan pesan-antar makanan di Indonesia, terutama bagi para manajer di bidang pemasaran agar mereka bisa mengatur strategi pemasaran media sosial Instagram yang efektif untuk menunjang keterlibatan pelanggan dan mendukung perilaku konsumen yang positif dan menguntungkan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15506PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Customer engagement
Social media marketing
Food Delivery App
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 188 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?