Skripsi
The Role of Local Cosmetic Product Influencers in Influencing Repurchase Intention: A Study on Beauty Influencer Abel Cantika
Penelitian ini meneliti pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian kembali produk kosmetik lokal yang direkomendasikan oleh Abel Cantika melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan teori Tricomponent Attitude Model (TAM) untuk memahami bagaimana kepuasan pelanggan memengaruhi niat pembelian kembali, baik melalui mediasi komitmen afektif dan loyalitas maupun melalui pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian kembali. Desain penelitian ini menggunakan desain metode kuantitatif dengan pendekatan konklusif deskriptif. Data primer sebanyak 187 responden dikumpulkan melalui metode survei dengan kuesioner daring menggunakan metode purposive non-probability sampling. Responden pada penelitian ini merupakan individu dengan kriteria: merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia, berusia di atas 18 tahun, merupakan pengikut (followers) beauty influencer Abel Cantika di media sosial Instagram dan/atau Tiktok, pernah menelusuri (browsing) dan memperhatikan akun media sosial Instagram dan/atau Tiktok beauty influencer Abel Cantika dalam jangka waktu 6 bulan terakhir, dan pernah melakukan pembelian produk kosmetik lokal yang direkomendasikan oleh beauty influencer Abel Cantika dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS) yang mencakup analisis model pengukuran dan analisis model struktural. Berdasarkan hasil pengujian data, ditemukan bahwa customer satisfaction memiliki pengaruh lebih besar terhadap repurchase intention dengan melalui mediasi affective commitment dibandingkan melalui mediasi loyalty dan pengaruh secara langsung customer satisfaction terhadap repurchase intention.
| Call Number | Location | Available |
|---|---|---|
| S 15507 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
| Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
|---|---|
| Edisi | - |
| Subjek | Repurchase intention Affective commitment Customer Satisfaction Loyalty Beauty Influencer |
| ISBN/ISSN | - |
| Klasifikasi | NONE |
| Deskripsi Fisik | xv, 112 p. : il. ; 30 cm. |
| Info Detail Spesifik | Skripsi |
| Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
| Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |