Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERANAN INFLUENCER PRODUK
KOSMETIK LOKAL DALAM
MEMENGARUHI REPURCHASE
INTENTION: STUDI PADA BEAUTY
INFLUENCER ABEL CANTI...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Peranan Influencer Produk Kosmetik Lokal dalam Memengaruhi Repurchase Intention: Studi pada Beauty Influencer Abel Cantika

The Role of Local Cosmetic Product Influencers in Influencing Repurchase Intention: A Study on Beauty Influencer Abel Cantika

Catherine Shanda Riviana - ; Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Sumiyarto (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Penelitian ini meneliti pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian kembali produk kosmetik lokal yang direkomendasikan oleh Abel Cantika melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan teori Tricomponent Attitude Model (TAM) untuk memahami bagaimana kepuasan pelanggan memengaruhi niat pembelian kembali, baik melalui mediasi komitmen afektif dan loyalitas maupun melalui pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian kembali. Desain penelitian ini menggunakan desain metode kuantitatif dengan pendekatan konklusif deskriptif. Data primer sebanyak 187 responden dikumpulkan melalui metode survei dengan kuesioner daring menggunakan metode purposive non-probability sampling. Responden pada penelitian ini merupakan individu dengan kriteria: merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia, berusia di atas 18 tahun, merupakan pengikut (followers) beauty influencer Abel Cantika di media sosial Instagram dan/atau Tiktok, pernah menelusuri (browsing) dan memperhatikan akun media sosial Instagram dan/atau Tiktok beauty influencer Abel Cantika dalam jangka waktu 6 bulan terakhir, dan pernah melakukan pembelian produk kosmetik lokal yang direkomendasikan oleh beauty influencer Abel Cantika dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS) yang mencakup analisis model pengukuran dan analisis model struktural. Berdasarkan hasil pengujian data, ditemukan bahwa customer satisfaction memiliki pengaruh lebih besar terhadap repurchase intention dengan melalui mediasi affective commitment dibandingkan melalui mediasi loyalty dan pengaruh secara langsung customer satisfaction terhadap repurchase intention.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15507PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekRepurchase intention
Affective commitment
Customer Satisfaction
Loyalty
Beauty Influencer
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 112 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?