Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMENGARUHI INTENTION TO BUY
SECOND HAND CLOTHING PADA
GENERASI Z DI INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intention to Buy Second Hand Clothing Pada Generasi Z di Indonesia

Factors that Influence Intention to Buy Second Hand Clothing of Generation Z In Indonesia

Nadya Firli - ; Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Adrian Achyar (Penguji) - ;

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi membeli second hand clothing pada Generasi Z di Indonesia melalui integrasi Model of Goal-Directed Behavior (MGB), dan Norm Activation Model (NAM), serta menambahkan variabel electronic word of mouth (eWOM) untuk memperkaya analisis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menganalisis data yang diperoleh dari 254 responden Generasi Z yang belum pernah membeli second hand clothing tetapi mengetahui atau pernah mendengar mengenai second hand clothing. Pengumpulan data dilakukan melalui survei online, dan analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa desire, personal norms, price value, dan eWOM memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to buy. Selain itu, attitude, subjective norms, perceived behavioral control, dan positive anticipated emotions juga berpengaruh signifikan terhadap desire. Sementara itu, negative anticipated emotions tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap desire. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor internal dan sosial, serta nilai harga dan pengaruh digital, memainkan peran penting dalam pembentukan niat beli produk second hand clothing pada Generasi Z di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15526PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekTheory of planned behaviour
Intention to buy
Second Hand Clothing
Model of Goal-Directed Behavior
Norm Activation Model
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 181 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?