Tesis
Is The Boycott Campaign Against Fast Food Restaurant Brands on Instagram Effective? The Moderating Effect on Gender
Gerakan Boikot, Divestasi, Sanksi (BDS) saat ini menjadi isu yang sedang hangat dikampanyekan baik di Indonesia maupun dunia global. Adanya kampanye BDS ini tentunya sangat berpengaruh pada pola konsumsi masyarakat terhadap merek-merek terafiliasi Israel, terutama pada sektor food and baverage dari beberapa restoran cepat saji. Penelitian ini mengkaji efektivitas kampanye boikot di Instagram terhadap merek restoran cepat saji dalam konteks gerakan Boikot menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) dengan melakukan analisis empiris tentang apa dan bagaimana faktor psikologis dan motivasional (sikap, norma subjektif, dan kendali perilaku yang dipersepsikan) memengaruhi perilaku pembelian aktual (dukungan terhadap produk lokal, frekuensi pembelian, jumlah item yang dibeli, dan jumlah nominal pembelian) dan kaitannya dengan moderasi jenis kelamin. Penelitian menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM-PLS) untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari 396 responden di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa kampanye boikot memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk mendukung produk lokal, mengurangi frekuensi pembelian, jumlah item yang dibeli, dan jumlah nominal pembelian melalui niat boikot. Namun, kampanye boikot tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian aktual jumlah item yang dibeli dan jumlah nominal pembelian ketika hanya melalui kendali perilaku yang dipersepsikan (tanpa melalui niat boikot terlebih dahulu). Selain itu, efek niat boikot pada seluruh perilaku pembelian aktual (kecuali dukungan terhadap produk lokal) lebih kuat pada pria daripada wanita, yang menunjukkan adanya peran moderasi jenis kelamin.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 167/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Gender Theory of Planned Behavior Fast food restaurant Actual Purchase Behavior Boycott boycott campaign support local |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 128 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |