Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS NIAT KONSUMEN
MUSLIM DALAM PEMBELIAN HEWAN
KURBAN DIGITAL: INTEGRASI
TAM, DTPB, DAN FAKTOR
TRUST-RELIGIUSITAS
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Analisis Niat Konsumen Muslim dalam Pembelian Hewan Kurban Digital: Integrasi TAM, DTPB, dan Faktor Trust-Religiusitas

Analyzing Muslim Consumers' Intention to Purchase Digital Qurban: Integration of Tam, Dptb, and The Role of Trust and Religiosity

Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Farhanah, Maulidiffa Rizki - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam mempertimbangkan pembelian hewan ternak kurban melalui media daring, dengan mengintegrasikan Technology Acceptance Model (TAM) dan Decomposed Theory of Planned Behavior (DTPB). Responden dalam penelitian ini adalah Muslim berusia di atas 25 tahun yang belum pernah melakukan pembelian hewan kurban secara online. Data dikumpulkan melalui survei daring dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan (trust), norma subjektif, dan perceived behavioral control (PBC) merupakan faktor paling dominan yang memengaruhi niat pembelian hewan kurban secara daring. Sementara itu, persepsi kemudahan dan kegunaan aplikasi terbukti berpengaruh terhadap sikap, meskipun sikap tersebut tidak berdampak langsung terhadap niat pembelian. Temuan ini menekankan pentingnya membangun kepercayaan, dukungan sosial, serta kendali yang dirasakan pengguna dalam penggunaan platform digital kurban.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 168/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Trust
Subjective norm
Qurban
Perceived Behavioral Control
Online Platform
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 168 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?