Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH IKLAN ITEM DALAM
GAME TERHADAP PURCHASE
INTENTION PEMAIN: PERSPEKTIF
TRANSPORTATION THEORY DAN
MODEL SOR
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Iklan Item dalam Game terhadap Purchase Intention Pemain: Perspektif Transportation Theory dan Model SOR

The Impact of In-Game Item Advertising on Players' Purchase Intention: A Perspective of Transportation Theory and the SOR Model

Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hari (Penguji) - ; Ardana, Kemas Nabil Putra - ;

Pesatnya pertumbuhan industri game online telah membuka peluang strategis baru dalam praktik pemasaran, khususnya melalui iklan dalam game (in-game advertising/IGA). Dalam konteks ini, pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC) digunakan sebagai grand theory untuk menjelaskan bagaimana integrasi pesan pemasaran dapat mempengaruhi perilaku konsumen secara efektif melalui berbagai saluran, termasuk media interaktif seperti game. Penelitian ini juga mengadopsi Transportation Theory untuk memahami bagaimana keterlibatan naratif pemain dalam game mempengaruhi sikap dan niat beli terhadap produk yang diiklankan, serta Stimulus–Organism–Response (S-O-R) Theory untuk menganalisis hubungan antara stimulus iklan (seperti interaktivitas dan kesesuaian produk), respons psikologis pemain (perasaan hadir dan sikap terhadap iklan), hingga terbentuknya niat beli (purchase intention). Data dikumpulkan melalui survei online dari 284 pemain game online dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaktivitas iklan (IGA Interactivity) memiliki pengaruh positif terhadap niat beli yang dimediasi oleh feelings of presence. Selain itu, Product Congruence (PCO) terbukti memperkuat hubungan antara interaktivitas iklan dan sikap pemain terhadap iklan maupun niat beli mereka. Temuan ini memperkuat peran integrasi komunikasi pemasaran dalam lingkungan game interaktif, serta menunjukkan pentingnya aspek keterlibatan emosional dan kesesuaian produk dalam membentuk perilaku konsumen terhadap IGA.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 170/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
SOR Theory
in-Game Advertising
transportation theory
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikx, 105 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?