Tesis
The Impact of In-Game Item Advertising on Players' Purchase Intention: A Perspective of Transportation Theory and the SOR Model
Pesatnya pertumbuhan industri game online telah membuka peluang strategis baru dalam praktik pemasaran, khususnya melalui iklan dalam game (in-game advertising/IGA). Dalam konteks ini, pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC) digunakan sebagai grand theory untuk menjelaskan bagaimana integrasi pesan pemasaran dapat mempengaruhi perilaku konsumen secara efektif melalui berbagai saluran, termasuk media interaktif seperti game. Penelitian ini juga mengadopsi Transportation Theory untuk memahami bagaimana keterlibatan naratif pemain dalam game mempengaruhi sikap dan niat beli terhadap produk yang diiklankan, serta Stimulus–Organism–Response (S-O-R) Theory untuk menganalisis hubungan antara stimulus iklan (seperti interaktivitas dan kesesuaian produk), respons psikologis pemain (perasaan hadir dan sikap terhadap iklan), hingga terbentuknya niat beli (purchase intention). Data dikumpulkan melalui survei online dari 284 pemain game online dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaktivitas iklan (IGA Interactivity) memiliki pengaruh positif terhadap niat beli yang dimediasi oleh feelings of presence. Selain itu, Product Congruence (PCO) terbukti memperkuat hubungan antara interaktivitas iklan dan sikap pemain terhadap iklan maupun niat beli mereka. Temuan ini memperkuat peran integrasi komunikasi pemasaran dalam lingkungan game interaktif, serta menunjukkan pentingnya aspek keterlibatan emosional dan kesesuaian produk dalam membentuk perilaku konsumen terhadap IGA.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 170/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention SOR Theory in-Game Advertising transportation theory |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | x, 105 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |