Tesis
Consumer Spontaneous Purchases Under Pressure! Do the Roles of Time Pressure and Stock Pressure in Flash Sales Differ between Hedonic and Utilitarian Products?
Perkembangan dunia digital mendorong perubahan metode penjualan live streaming commerce yang merupakan gabungan dari e-commerce dengan fitur live streaming media sosial. Flash sale merupakan salah satu strategi yang kerap digunakan dalam memasarkan sebuah produk di live streaming commerce untuk menaikkan penjualan dengan singkat. Tekanan waktu dan tekanan stok adalah komponen pada flash sale yang efektif memaksa konsumen melakukan pembelian impulsif. Dengan menimbulkan scarcity effect pada konsumen, tekanan dapat membuat konsumen melewati proses pengambilan keputusan yang panjang dan melakukan pembelian yang tidak direncanakan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori stimulus-organism-response menjelaskan peran tekanan tersebut pada perilaku impulse buying, melalui teori competitive arousal model, pleasure-arousal-dominance, dan consumer vulnerability. Peneltian ini dilakukan dengan metode kuantitatif melalui survei kepada 483 responden dan menghasilkan kesimpulan bahwa tekanan waktu memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku impulse buying, namun tidak ditemukan pada tekanan stok. Namun, kedua tekanan ini tetap memiliki pengaruh terhadap arousal, pleasure, dan consumer vulnerability, yang nantinya dapat memicu perilaku pembelian yang impulsif. Implikasi pada penelitian ini berguna untuk pemasar dalam menentukan strategi pemasaran dengan tujuan mendorong pembelian spontan dan untuk pembuat regulasi demi melindungi kesejahteraan konsumen.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 173/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Scarcity Impulse buying Time pressure quantity pressure flash sale |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 161 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |