Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH INTERNET
CELEBRITIES (IC) TERHADAP
PEMBELIAN IMPULSIF BARANG
LUXURY FASHION DI INDONESIA:
PERAN MEDIASI TRUST, ...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Internet Celebrities (IC) Terhadap Pembelian Impulsif Barang Luxury Fashion di Indonesia: Peran Mediasi Trust, dan Moderasi Persuasion Knowledge

The Influence of Internet Celebrities (IC) on Impulse Buying of Luxury Fashion Products in Indonesia: The Mediating Role of Trust and the Moderating Role of Persuasion Knowledge.

Shalahuddin Al Ayyubi - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh IC terhadap pembelian impulsif barang luxury fashion di Indonesia, dengan trust sebagai variabel mediasi dan persuasion knowledge sebagai variabel moderasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 250 responden yang merupakan pengguna media sosial aktif dan memiliki ketertarikan terhadap produk luxury fashion. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik IC seperti popularity, perceived fit, identification, social distance, informational value, dan vicarious expression berpengaruh positif terhadap trust, yang selanjutnya memengaruhi pembelian impulsif. Namun, tidak semua karakteristik memiliki pengaruh langsung terhadap pembelian impulsif. Selain itu, persuasion knowledge terbukti memoderasi hubungan antara trust dan pembelian impulsif, di mana konsumen dengan tingkat persuasion knowledge yang tinggi cenderung lebih kritis terhadap pengaruh IC. Temuan ini memberikan implikasi manajerial penting bagi pelaku industri fashion mewah dalam merancang strategi pemasaran digital yang lebih efektif dan etis.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 146/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekTrust
Impulse buying
Luxury fashion
persuasion knowledge
Internet celebrities
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 122 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?