Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH AUGMENTED REALITY
TERHADAP KEPUASAN PENGALAMAN
DAN NIAT PEMBELIAN PRODUK
KOSMETIK DI PLATFORM BELANJA
ONLINE
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Augmented Reality terhadap Kepuasan Pengalaman dan Niat Pembelian Produk Kosmetik di Platform Belanja Online

The Influence of Augmented Reality on Satisfaction with Experience and Purchase Intention of Cosmetic Products on Online Shopping Platforms

Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ; Khairani, Syifa Nur - ;

Konsumen sering mengalami kesulitan dalam memilih produk kosmetik saat berbelanja online karena tidak bisa mencoba produk secara langsung. Virtual try-on hadir untuk menjawab masalah tersebut. Namun, penerapan teknologi ini masih terbatas, meski memiliki potensi untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan niat pembelian. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana atribut AR pada konteks produk kosmetik di platform belanja online memengaruhi niat pembelian kosmetik setelah menggunakan virtual try-on dengan berlandaskan teori SOR. Penelitian ini mengumpulkan data primer sebanyak 220 responden melalui survei online dan data dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut AR yang berpengaruh terhadap spatial presence adalah interactivity, vividness, dan aesthetics. Novelty dan aesthetics berpengaruh terhadap flow experience. Selain itu, spatial presence juga meningkatkan flow experience serta decision comfort. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa flow experience dapat meningkatkan information utility, learning, dan enjoyment. Pada akhirnya, berpengaruh terhadap satisfaction with AR experience yang dapat meningkatkan decision comfort. Penelitian ini juga menemukan bahwa purchase intention hanya dapat dipicu oleh satisfaction with AR experience dan decision comfort. Konsumen dengan tingkat fashion innovativeness yang tinggi dan rendah tidak memiliki pengaruh moderasi yang signifikan. Temuan ini berkontribusi baik secara teoritis maupun manajerial untuk mengembangkan virtual try-on di platform belanja online.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 177/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Beauty Product
Flow experience
Online Marketplace
virtual try-on
spatial presence
decision comfort
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 202 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?