Tesis
The Influence of Digital Leadership on Competitive Advantage: The Mediating Role of Digitalization, Knowledge Management, and Innovation Capability (Case of Retail Companies in Indonesia)
Era industri 4.0 merupakan suatu masa yang ditandai dengan penggunaan teknologi canggih dan otomatisasi dalam proses produksi dan layanan, seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), big data, cloud computing. Lingkungan industri menjadi berubah semakin cepat akibat adanya perkembangan teknologi tersebut. Industri retail merupakan salah satu industri yang terdampak perkembangan tersebut. Banyak dari perusahaan yang tidak mampu bertahan dalam kondisi lingkungan tersebut. Namun ada juga yang berhasil melakukan perubahan pada perusahannya sehingga dapat tetap bertahan dan bahkan unggul dalam kondisi lingkungan yang terus berubah. Sehingga setiap perusahaan retail perlu melihat apa yang sebenarnya mempengaruhi keunggulan kompetitif dari sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pengaruh Digital Leadership terhadap Competitive Advantage dari perusahaan, melalui mediasi digitalisasi, Knowledge Management dan Innovation Capability. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survey dengan jumlah 108 responden manajer/direktur dari perusahaan retail yang beroperasi di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan uji empiris melalui metode kuantitatif dan structural equation model-partial least square (SEM-PLS). Hasil dari analisis yang didapat menunjukkan adanya pengaruh positif antara Digital Leadership, digitalisasi, Knowledge Management, innovation capabiliy dan competitve advantage. Penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi para manajer/pemimpin di perusahaan retail dalam melihat faktor apa saja yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan di tengah perkembangan teknologi saat ini.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 179/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Management Leadership Competitive advantage Knowledge Innovation capability Digital |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 149 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |