Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH DIGITAL LEADERSHIP
TERHADAP KEUNGGULAN
KOMPETITIF: PERAN MEDIASI
DIGITALISASI, KNOWLEDGE
MANAGEMENT, DAN INNOVA...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Digital Leadership Terhadap Keunggulan Kompetitif: Peran Mediasi Digitalisasi, Knowledge Management, dan Innovation Capability (Studi pada Perusahaan Retail di Indonesia)

The Influence of Digital Leadership on Competitive Advantage: The Mediating Role of Digitalization, Knowledge Management, and Innovation Capability (Case of Retail Companies in Indonesia)

Ruslan Prijadi (Pembimbing/Promotor) - ; Avanti Fontana (Penguji) - ; RR. Ratih Dyah Kusumastuti (Penguji) - ; Ahmad, Abubakar - ;

Era industri 4.0 merupakan suatu masa yang ditandai dengan penggunaan teknologi canggih dan otomatisasi dalam proses produksi dan layanan, seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), big data, cloud computing. Lingkungan industri menjadi berubah semakin cepat akibat adanya perkembangan teknologi tersebut. Industri retail merupakan salah satu industri yang terdampak perkembangan tersebut. Banyak dari perusahaan yang tidak mampu bertahan dalam kondisi lingkungan tersebut. Namun ada juga yang berhasil melakukan perubahan pada perusahannya sehingga dapat tetap bertahan dan bahkan unggul dalam kondisi lingkungan yang terus berubah. Sehingga setiap perusahaan retail perlu melihat apa yang sebenarnya mempengaruhi keunggulan kompetitif dari sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pengaruh Digital Leadership terhadap Competitive Advantage dari perusahaan, melalui mediasi digitalisasi, Knowledge Management dan Innovation Capability. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survey dengan jumlah 108 responden manajer/direktur dari perusahaan retail yang beroperasi di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan uji empiris melalui metode kuantitatif dan structural equation model-partial least square (SEM-PLS). Hasil dari analisis yang didapat menunjukkan adanya pengaruh positif antara Digital Leadership, digitalisasi, Knowledge Management, innovation capabiliy dan competitve advantage. Penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi para manajer/pemimpin di perusahaan retail dalam melihat faktor apa saja yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan di tengah perkembangan teknologi saat ini.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 179/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekManagement
Leadership
Competitive advantage
Knowledge
Innovation capability
Digital
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 149 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?