Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PEREMPUAN DALAM
KEWIRAUSAHAAN SOSIAL:
PERSPEKTIF TEORI IDENTITAS
SOSIAL
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Perempuan Dalam Kewirausahaan Sosial: Perspektif Teori Identitas Sosial

Women in Social Entrepreneurship: A Social Identity Theory Perspective

Nayunda Andhika Sari (Pembimbing/Promotor) - ; Setiawan, Deni - ; Muthia Pramesti (Penguji) - ; Kanti Pertiwi (Penguji) - ;

Penelitian ini mengeksplorasi fenomena kewirausahaan sosial di negara berkembang, khususnya terkait bagaimana identitas gender memengaruhi motivasi, pengalaman, dan dinamika praktik kewirausahaan sosial yang masih kurang mendapatkan perhatian. Mengadopsi kerangka teori identitas sosial, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perempuan pelaku kewirausahaan sosial di Indonesia mengonstruksi dan memaknai identitas mereka, serta bagaimana mereka memahami keistimewaan dan hambatan yang dihadapi dalam menjalankan aktivitas usaha. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap 13 pelaku wirausaha sosial perempuan di berbagai wilayah Indonesia. Hasil analisis mengidentifikasi tiga tipologi identitas utama, yakni social innovator, community-driven changemaker, dan sustainability catalyst, yang mencerminkan keragaman cara perempuan dalam memaknai peran sosial dan motivasi kewirausahaan mereka. Identitas gender, dukungan keluarga, serta akses terhadap pendidikan dan informasi dipersepsikan sebagai faktor pendukung pertumbuhan usaha, sementara peran domestik, ekspektasi sosial, serta bias gender muncul sebagai kendala struktural yang menghambat pengembangan usaha. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan teori identitas sosial dalam konteks kewirausahaan sosial dengan memperkenalkan tiga tipologi identitas baru yang berbasis pada pengalaman empiris perempuan di negara berkembang. Selain itu, penelitian ini turut memperkaya literatur kewirausahaan sosial dengan perspektif gender yang menyoroti pentingnya pendekatan kontekstual dalam memahami peran identitas dalam membentuk perilaku dan intensi kewirausahaan. Temuan ini menegaskan bahwa kewirausahaan sosial merupakan arena strategis bagi perempuan untuk menegosiasikan struktur sosial sekaligus memosisikan diri sebagai agen perubahan yang aktif dan reflektif dalam menciptakan perubahan sosial yang berdampak.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 180/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSocial entrepreneurship
Gender
theory of Social Identity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 211 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?