Tesis
Analysis of Religiosity and Determinants of Repurchase Intention for Halal-Certified Food: An Extended Theory of Planned Behavior Perspective
Penelitian ini menerapkan kerangka Theory of Planned Behavior (TPB) untuk mengkaji dampak religiositas terhadap niat beli ulang makanan bersertifikat halal, dengan menimbang determinan seperti norma subjektif, kesadaran, kepercayaan, pengetahuan halal, sertifikasi halal, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Data dikumpulkan dari 472 responden melalui survei dengan metode purposive sampling di Indonesia, dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS v.3.2.9. Sebanyak 25 hipotesis diuji dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas memiliki pengaruh terhadap pengetahuan halal, sertifikasi halal, norma subjektif, serta kontrol perilaku yang dirasakan, yang pada gilirannya membentuk sikap dan memengaruhi niat beli terhadap makanan bersertifikat halal. Namun, pengaruh langsung kepercayaan dan kesadaran terhadap sikap, serta jalur mediasi antara keduanya, tidak terbukti mendukung. Keterbatasan utama dalam penelitian ini adalah dominasi responden wanita, yang dapat memengaruhi tingkat generalisasi hasil temuan. Selain itu, kategori makanan yang diteliti belum dijelaskan secara eksplisit. Di sisi lain, penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan menguji determinan terbaru terkait pengetahuan dan sertifikasi halal.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 181/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Repurchase intention Halal Certification Religiosity Halal knowledge |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvii, 156 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |