Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
INSPIRASI IKLAN ERIGO DI
KALANGAN GEN Z : PERAN
ADVERTISING VALUE DAN
CONTEXT AWARENESS VALUE
(STUDI PADA SOCIAL
COMMERC...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Inspirasi Iklan Erigo di Kalangan Gen Z : Peran Advertising Value dan Context Awareness Value (Studi pada Social commerce TikTok)

Erigo Advertising Inspiration Among Gen Z : The Role of Advertising Value and Context Awareness Value (Study On TikTok Social commerce)

Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ; Huygans, Christian - ;

Perkembangan dan dampak dari iklan seluler dalam konteks kehidupan modern yang sangat dipengaruhi oleh teknologi. Dengan pesatnya perkembangan smartphone, interaksi konsumen dengan iklan seluler telah berubah secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh advertising value dan context awareness value terhadap consumer inspiration melalui customer engagement, advertising attitude, dan brand attitude dalam konteks iklan TikTok shop merek fashion lokal Erigo di kalangan konsumen Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Squares–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan melibatkan 100 responden pengguna aktif TikTok Shop di wilayah Jabodetabek. Hasil analisis menunjukkan bahwa advertising value berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement, advertising attitude, brand attitude, dan inspired by, sedangkan context awareness value juga berpengaruh signifikan terhadap advertising attitude dan brand attitude. Selain itu, customer engagement terbukti mendorong inspired by, yang kemudian bersama dengan brand attitude secara signifikan memengaruhi inspired to. Namun, pengaruh langsung advertising attitude terhadap inspired to tidak signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa inspirasi konsumen merupakan proses bertahap yang dimulai dari persepsi terhadap nilai dan konteks iklan, dilanjutkan dengan keterlibatan dan sikap terhadap merek, hingga akhirnya mendorong tindakan nyata seperti pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap model consumer inspiration serta implikasi praktis dalam strategi komunikasi pemasaran digital berbasis social media TikTok.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 202/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCustomer engagement
Advertising value
Customer attitude
Gen Z
Tiktok Shop
context awareness value
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 125 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?