Tesis
Erigo Advertising Inspiration Among Gen Z : The Role of Advertising Value and Context Awareness Value (Study On TikTok Social commerce)
Perkembangan dan dampak dari iklan seluler dalam konteks kehidupan modern yang sangat dipengaruhi oleh teknologi. Dengan pesatnya perkembangan smartphone, interaksi konsumen dengan iklan seluler telah berubah secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh advertising value dan context awareness value terhadap consumer inspiration melalui customer engagement, advertising attitude, dan brand attitude dalam konteks iklan TikTok shop merek fashion lokal Erigo di kalangan konsumen Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Squares–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan melibatkan 100 responden pengguna aktif TikTok Shop di wilayah Jabodetabek. Hasil analisis menunjukkan bahwa advertising value berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement, advertising attitude, brand attitude, dan inspired by, sedangkan context awareness value juga berpengaruh signifikan terhadap advertising attitude dan brand attitude. Selain itu, customer engagement terbukti mendorong inspired by, yang kemudian bersama dengan brand attitude secara signifikan memengaruhi inspired to. Namun, pengaruh langsung advertising attitude terhadap inspired to tidak signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa inspirasi konsumen merupakan proses bertahap yang dimulai dari persepsi terhadap nilai dan konteks iklan, dilanjutkan dengan keterlibatan dan sikap terhadap merek, hingga akhirnya mendorong tindakan nyata seperti pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap model consumer inspiration serta implikasi praktis dalam strategi komunikasi pemasaran digital berbasis social media TikTok.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 202/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Customer engagement Advertising value Customer attitude Gen Z Tiktok Shop context awareness value |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 125 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |