Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI NIAT PEMBELIAN
KENDARAAN LISTRIK:
PENDEKATAN THEORY OF PLANNED
BEHAVIOR, NORM A...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Kendaraan Listrik: Pendekatan Theory of Planned Behavior, Norm Activation Theory, dan Theory of Consumption Value

Analysis of Factors Influencing Electric Vehicle Purchase Intention: A Theory of Planned Behavior, Norm Activation Theory, and Theory of Consumption Value Approach

Ignatius Heruwasto (Pembimbing/Promotor) - ; T. Ezni Balqiah (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ; Adzani, Yusrina - ;

Emisi karbon dunia terutama di Indonesia semakin meningkat tiap waktunya, dan sektor transportasi merupakan penyumbang terbesar emisi karbon. Kendaraan listrik merupakan sebuah inovasi baru dan alternatif dalam meminimalkan efek negatif dari sektor transportasi terhadap lingkungan. Namun penggunaan kendaraan listrik di Indonesia masih terbilang sedikit, dikarenakan berbagai macam faktor yang menjadi pertimbangannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat pembelian kendaraan listrik melalui pendekatan theory of planned behavior, norm activation theory, dan theory of consumption value. Penelitian ini mengumpulkan data melalui survei online yang disebarkan melalui sosial media, kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS dan SmartPLS dengan pendekata Partial Least Squares – Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil analisis dari 509 sampel yang valid, diketahui bahwa conditional value, monetary value, perceived behavioral control, dan personal norm berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kendaraan listrik, dengan conditional value sebagai konstruk yang paling kuat mempengaruhi niat pembelian.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 198/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
electric vehicle
TPB
NAM
TCV
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 136 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?