Tesis
Analysis of Factors Influencing Electric Vehicle Purchase Intention: A Theory of Planned Behavior, Norm Activation Theory, and Theory of Consumption Value Approach
Emisi karbon dunia terutama di Indonesia semakin meningkat tiap waktunya, dan sektor transportasi merupakan penyumbang terbesar emisi karbon. Kendaraan listrik merupakan sebuah inovasi baru dan alternatif dalam meminimalkan efek negatif dari sektor transportasi terhadap lingkungan. Namun penggunaan kendaraan listrik di Indonesia masih terbilang sedikit, dikarenakan berbagai macam faktor yang menjadi pertimbangannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat pembelian kendaraan listrik melalui pendekatan theory of planned behavior, norm activation theory, dan theory of consumption value. Penelitian ini mengumpulkan data melalui survei online yang disebarkan melalui sosial media, kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS dan SmartPLS dengan pendekata Partial Least Squares – Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil analisis dari 509 sampel yang valid, diketahui bahwa conditional value, monetary value, perceived behavioral control, dan personal norm berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kendaraan listrik, dengan conditional value sebagai konstruk yang paling kuat mempengaruhi niat pembelian.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 198/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention electric vehicle TPB NAM TCV |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 136 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |