Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH TOE FACTOR DAN
ENTREPRENEURIAL ORIENTATION
TERHADAP SOCIAL
MEDIA-RELATED PERFORMANCE:
PERAN MEDIASI DARI INNOVA...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh TOE Factor dan Entrepreneurial Orientation terhadap Social Media-related Performance: Peran Mediasi dari Innovation Capability dan CRM Capability, serta Peran Moderasi dari Social Media Adoption. Studi Kasus pada UMKM Multi-Industri di Jabodetabek

The Influence of TOE Factor and Entrepreneurial Orientation on Social Media-related Performance: Mediating Roles of Innovation Capability and CRM Capability, and Moderating Roles of Social Media Adoption A Case Study of Multi-Industry MSMEs in Jabodetabek

Elok Savitri Pusparini (Pembimbing/Promotor) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ; Budi Widjaja Soetjipto (Penguji) - ; Ningrum, Nilawati Puspita - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh TOE Factor dan Entrepreneurial Orientation terhadap Social Media-relayed Performance UMKM multi-industri di wilayah Jabodetabek, dengan mempertimbangkan peran mediasi Innovation Capability, dan CRM Capability, serta peran moderasi Social Media Adoption. UMKM dipilih karena perannya yang signifikan dalam perekonomian nasional, namun masih menghadapi tantangan dalam optimalisasi teknologi digital, khususnya media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dan melibatkan 243 responden pelaku UMKM multi-industri di wilayah Jabodetabek untuk menjawab survei yang didistribusikan secara daring maupun luring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Innovation Capability secara signifikan memediasi hubungan antara TOE Factor terhadap Social Media-related Performance, dan CRM Capability secara signifikan memediasi hubungan antara Entrepreneurial Orientation terhadap Social Media-related Performance. Sebaliknya, Social Media Adoption tidak berperan sebagai moderator yang signifikan dalam
memperkuat hubungan antarvariabel. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan Dynamic Capability Theory dan kerangka TOE dengan menekankan pentingnya kesiapan organisasi dan orientasi strategis dalam membangun kapabilitas digital berbasis pelanggan. Secara praktis, hasil ini menekankan bahwa digitalisasi UMKM tidak cukup hanya dengan adopsi media sosial, melainkan memerlukan kesiapan struktural, kepemimpinan kewirausahaan, dan sistem pengelolaan pelanggan yang konsisten. Penelitian ini juga memberikan implikasi manajerial yang relevan bagi pemilik UMKM, pembuat kebijakan, serta penyedia pelatihan dan pendampingan bisnis.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 194/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekInnovation capability
Entrepreneurial orientation
MSME
Social media adoption
TOE factor
CRM capability
social media-related performance
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 257 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?