Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH AMBIDEKSITAS
PEMBELAJARAN DAN
KETERHUBUNGAN JARINGAN
TERHADAP KINERJA INOVASI
PADA START-UP BERBASIS
TEKNOLOGI ...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Ambideksitas Pembelajaran dan Keterhubungan Jaringan Terhadap Kinerja Inovasi Pada Start-up Berbasis Teknologi di Indonesia: Peran Mediasi Keterbukaan Terhadap Inovasi

The Influence of Learning Ambidexterity and Network Embeddedness on Innovation Performance in Technology-Based Start-ups in Indonesia: The Mediating Role of Innovation Openness

Riani Rachmawati (Pembimbing/Promotor) - ; Permata Wulandari (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ; Siregar, Natasya Belinda - ;

Ekosistem start-up berbasis teknologi di Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat dengan 2.771 entitas tercatat hingga Januari 2025, namun tingginya angka tersebut tidak menjamin keberhasilan bisnis karena mayoritas start-up menghadapi kesulitan mendasar dalam menemukan product-market fit, yaitu ketidakmampuan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan nyata pasar serta membangun kepercayaan pengguna terhadap proposisi nilai yang ditawarkan. Di tengah tekanan dinamika pasar yang berubah cepat dan keterbatasan sumber daya internal, kemampuan untuk mengelola proses pembelajaran secara simultan (ambideksitas pembelajaran) dan memanfaatkan keterhubungan jaringan eksternal secara strategis menjadi krusial bagi terciptanya kinerja inovasi yang relevan dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara simultan pengaruh ambideksitas pembelajaran dan keterhubungan jaringan terhadap kinerja inovasi, dengan keterbukaan terhadap inovasi sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan dari 93 pendiri dan manajemen puncak start-up berbasis teknologi melalui survei kuantitatif dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterhubungan jaringan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja inovasi, sedangkan ambideksitas pembelajaran tidak menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan. Temuan penting lainnya mengungkap bahwa keterbukaan terhadap inovasi secara signifikan memediasi hubungan antara ambideksitas pembelajaran dan kinerja inovasi, namun tidak memediasi hubungan antara keterhubungan jaringan dan kinerja inovasi. Implikasi praktis dari temuan ini menekankan bahwa keberhasilan inovasi pada start-up tidak cukup hanya bersandar pada intensitas eksplorasi pengetahuan internal, melainkan membutuhkan keterbukaan terhadap ide eksternal serta pemanfaatan jaringan yang adaptif dalam menjawab dinamika pasar dan menciptakan solusi yang dipercaya oleh pengguna.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 192/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekInnovation performance
learning ambidexterity
network embeddedness
innovation openness
technology-based start-ups
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 129 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?