Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SOCIAL PRESENCE,
TELEPRESENCE, DAN SALES
PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE
BUYING BEHAVIOR MELALUI
CONSUMER TRUST DA...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Social Presence, Telepresence, dan Sales Promotion terhadap Impulsive Buying Behavior melalui Consumer Trust dan Flow State pada Live Streaming E- commerce

The Influence of Social Presence, Telepresence, and Sales Promotion on Impulsive Buying Behavior through Consumer Trust and Flow State in Live Streaming E-commerce

Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ; Putri, Adinda Rifdah Melati - ;

Live streaming e-commerce hadir untuk mengatasi kurangnya interaksi sosial yang selama ini menjadi tantangan utama dalam perkembangan e-commerce. Akan tetapi, dari 91% konsumen online yang pernah menonton live streaming shopping, hanya 64% dari mereka yang melakukan pembelian, artinya penggunaan live streaming belum sepenuhnya dioptimalkan oleh para pelaku usaha di e-commerce untuk menciptakan perilaku pembelian tidak terencana. Dengan menggunakan kerangka teori S-O-R, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran dari social presence, telepresence, dan sales promotion terhadap perilaku pembelian impulsif melalui consumer trust dan flow state, serta dimoderasi oleh time availability, money availability, dan personal sense of power. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui metode online survei. Data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS 4.0. Hasil dari 394 sampel konsumen generasi Z dan milenial menunjukkan bahwa telepresence memberikan efek paling besar terhadap consumer trust dan flow state. Consumer trust dipengaruhi oleh social presence of streamers, telepresence, dan sales promotion. Sementara, flow state dipengaruhi oleh social presence of live streaming platform dan telepresence. Namun, hanya flow state yang berpengaruh secara langsung terhadap impulsive buying behavior, sementara consumer trust tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, flow state dibuktikan memiliki efek mediasi penuh pada hubungan antara consumer trust dan impulsive buying behavior. Money availability, time availability, dan the personal sense of power tidak menunjukkan pengaruh moderasi yang signifikan. Secara teoritis temuan ini berkontribusi pada literatur live streaming e-commerce dan literatur consumer behavior, khususnya pembelian impulsif. Temuan ini juga memberikan implikasi manajerial yang mendalam bagi pelaku usaha yang menggunakan live streaming e-commerce untuk lebih memahami perilaku pembelian impulsif guna mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 191/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSales promotion
Consumer trust
social presence
Live streaming e-commerce
Impulsive Buying Behavior
Telepresence
personal sense of power
money availability
time availability
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 249 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?