Tesis
The Effect of External and Internal Motivation of Tiktok Users on Tiktok Social Media Addiction Behavior
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan pesat media sosial TikTok menimbulkan perilaku kecanduan digital di kalangan pengguna aktif TikTok yang mayoritas adalah Generasi Z dan Millenial di Indonesia yang mendorong pentingnya pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengadopsi teori Stimulus-Organism-Response (SOR), teori motivasi, teori flow dan Users Gratification Theory dengan menggunakan variabel recommendation, interactivity, entertainment interaction yang berperan sebagai stimuli dan variabel escapism dan social interaction yang berperan sebagai variabel dependen, kemudian variabel flow experience dan social belonging sebagai organism serta variabel addiction behavior yang merupakan response yang dihasilkan dari proses stimuli dan organism. Selain itu, variabel habit digunakan dalam model penelitian ini untuk memoderasi hubungan variabel organism dan variabel response. Penelitian ini melibatkan responden yang merupakan pengguna aktif Tiktok sebanyak 322 responden berusia 18–44 tahun dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan secara daring yang kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi eksternal dan internal mampu mempengaruhi addiction behavior pengguna Tiktok melalui variabel mediasi dan variabel habit dinyatakan tidak mampu memoderasi antara variabel organism dan response. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis, manajerial serta implikasi etika dan sosial terkait perilaku kecanduan pengguna Tiktok di Indonesia.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 166/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social interaction Interactivity Flow experience Habit TikTok Digital addiction behavior Social Belonging |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 128 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |