Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH MOTIVASI EKSTERNAL
DAN INTERNAL PENGGUNA TIKTOK
TERHADAP PERILAKU KECANDUAN
MEDIA SOSIAL TIKTOK
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Motivasi Eksternal dan Internal Pengguna Tiktok terhadap Perilaku Kecanduan Media Sosial Tiktok

The Effect of External and Internal Motivation of Tiktok Users on Tiktok Social Media Addiction Behavior

Syafrila Khairunisa - ; Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; T. Ezni Balqiah (Penguji) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan pesat media sosial TikTok menimbulkan perilaku kecanduan digital di kalangan pengguna aktif TikTok yang mayoritas adalah Generasi Z dan Millenial di Indonesia yang mendorong pentingnya pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengadopsi teori Stimulus-Organism-Response (SOR), teori motivasi, teori flow dan Users Gratification Theory dengan menggunakan variabel recommendation, interactivity, entertainment interaction yang berperan sebagai stimuli dan variabel escapism dan social interaction yang berperan sebagai variabel dependen, kemudian variabel flow experience dan social belonging sebagai organism serta variabel addiction behavior yang merupakan response yang dihasilkan dari proses stimuli dan organism. Selain itu, variabel habit digunakan dalam model penelitian ini untuk memoderasi hubungan variabel organism dan variabel response. Penelitian ini melibatkan responden yang merupakan pengguna aktif Tiktok sebanyak 322 responden berusia 18–44 tahun dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan secara daring yang kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi eksternal dan internal mampu mempengaruhi addiction behavior pengguna Tiktok melalui variabel mediasi dan variabel habit dinyatakan tidak mampu memoderasi antara variabel organism dan response. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis, manajerial serta implikasi etika dan sosial terkait perilaku kecanduan pengguna Tiktok di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 166/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSocial interaction
Interactivity
Flow experience
Habit
TikTok
Digital addiction behavior
Social Belonging
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 128 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?