Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
KONSUMERISME SEBAGAI
REPRESENTASI MORAL: STUDI
TENTANG NIAT BOIKOT MELALUI
PENDEKATAN THEORY OF PLANNED
BEHAVIOR, RELIGI...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Konsumerisme sebagai Representasi Moral: Studi tentang Niat Boikot melalui Pendekatan Theory of Planned Behavior, Religious Animosity, dan Self-Enhancement

Consumerism as Moral Representation: A Study of Boycott Intention through Theory of Planned Behavior, Religious Animosity, and Self-Enhancement Approaches

Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Aini, Tri Sayyidah - ;

Aksi boikot terhadap produk yang terafiliasi dengan Israel merupakan bentuk nyata solidaritas umat Muslim terhadap Palestina. Boikot ini tidak hanya dilandasi kepedulian kemanusiaan, tetapi juga didorong oleh nilai keagamaan dan ekspresi identitas diri dalam komunitas Muslim. Namun, kajian yang secara khusus menelusuri bagaimana self-enhancement dan religious animosity mempengaruhi niat boikot konsumen Muslim masih sangat terbatas dalam literatur akademik. Penelitian ini melibatkan 281 responden Muslim dan dianalisis menggunakan pendekatan Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM), dengan kerangka Theory of Planned Behavior (TPB) dan pendekatan Islamic Marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-enhancement, attitude toward boycott, dan religious animosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat boikot. Temuan ini menegaskan bahwa dorongan untuk menjaga citra diri Islami, sikap positif terhadap aksi boikot, serta kemarahan terhadap ketidakadilan memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan konsumsi yang bernilai etis. Temuan ini memberikan implikasi bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih selaras dengan nilai-nilai keislaman, baik secara teoritis maupun praktis, serta berkontribusi dalam memperkaya kajian consumer activism dalam konteks konsumen Muslim.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 184/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekTheory of Planned Behavior
Muslim Consumers
Religious Animosity
Boycott
self-enhancement
attitude toward boycott.
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 92 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?