Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH MASS
PRESTIGE, BRANDING, DAN
MANAJEMEN PENJUALAN TERHADAP
BRAND EVANGELISM DALAM
INDUSTRI KOSMETIK DAN...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Mass Prestige, Branding, dan Manajemen Penjualan Terhadap Brand Evangelism dalam Industri Kosmetik dan Kecantikan

Analysis of the Influence of Mass Prestige, Branding, and Sales Management on Brand Evangelism in the Cosmetics and Beauty Industry

Alysa Fernanda Sirait - ; Sri Daryanti (Pembimbing/Promotor) - ; Sumiyarto (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh masstige (mass prestige of a brand, brand perception, dan propensity to pay the premium), brand happiness, branding dan manajemen penjualan (corporate brand image, sales management practices, salesperson-brand congruence), serta brand associations terhadap brand evangelism pada produk Make Over di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei yang berhasil mengumpulkan sebanyak 279 responden. Responden yang menjadi sampel penelitian adalah individu warga negara Indonesia yang pernah membeli dan/atau menggunakan produk Make Over. Data yang diperoleh dari survei tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil menunjukkan bahwa ketiga variabel masstige berpengaruh terhadap brand happiness, tetapi hanya dua variabel pertama yang berpengaruh terhadap brand evangelism. Ketiga variabel branding dan manajemen penjualan berpengaruh terhadap brand happiness dan brand evangelism. Brand happiness memediasi hubungan antara semua variabel tersebut dengan brand evangelism. Self-pleasing experience tidak memperkuat hubungan masstige dengan brand happiness, sementara product beliefs memperkuat hubungan brand happiness dengan brand evangelism. Selanjutnya, hanya variabel masstige yang berpengaruh terhadap brand associations, yang kemudian berpengaruh terhadap brand evangelism, dan memediasi pengaruh masstige terhadap brand evangelism, tetapi tidak dengan variabel branding dan manajemen penjualan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15550PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand associations
Brand evangelism
Brand happiness
Corporate brand image
Mass prestige
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 194 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?