Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH SOCIAL
MEDIA MARKETING ACTIVITIES
TERHADAP PERCEIVED VALUE,
ONLINE BRAND ENGAGEMENT, DAN
BRAND LOYALTY...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Perceived Value, Online Brand Engagement, dan Brand Loyalty (Studi pada TikTok dan Produk Sepatu di Indonesia)

Analyzing The Impact of Social Media Marketing Activities on Perceived Value, Online Brand Engagement, and Brand Loyalty (Study on TikTok and Shoe Products in Indonesia)

Angela Sunjaya - ; Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Riffely Dewi Astuti (Penguji) - ; Adrian Achyar (Penguji) - ;

Pertumbuhan pesat media sosial seperti TikTok telah merevolusi cara brand berinteraksi dengan konsumen, termasuk dalam industri sepatu di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seluruh pengaruh Social Media Marketing Activities (SMMAs) terhadap perceived value konsumen yang terdiri dari hedonic value dan utilitarian value serta dampaknya terhadap online brand engagement dan brand loyalty. Menggunakan pendekatan Stimulus-Organism-Response dan model struktural berbasis data kuantitatif, penelitian ini mereplikasi studi Nguyen et al. (2024) dalam konteks yang berbeda yaitu pada media sosial TikTok dan pada produk sepatu di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMMAs secara signifikan memengaruhi hedonic value dan utilitarian value, dengan pengaruh terbesar pada hedonic value. Hedonic value juga terbukti memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap online brand engagement dibandingkan dengan utilitarian value. Selanjutnya, online brand engagement berperan sebagai prediktor utama dalam terbentuknya brand loyalty. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan emosional dalam strategi konten TikTok, dimana pengalaman yang menyenangkan lebih efektif dalam mendorong keterlibatan dan loyalitas konsumen terhadap brand sepatu di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15553PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand loyalty
Perceived value
Footwear industry
TikTok
Social Media Marketing Activities
Online Brand Engagement
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 130 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?