Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH FAKTOR STIMULUS
TERHADAP INTENSI BERKUNJUNG
KEMBALI KE FESTIVAL MUSIK:
PERAN FLOW EXPERIENCE DAN
INSPIRATION (S...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Faktor Stimulus terhadap Intensi Berkunjung Kembali ke Festival Musik: Peran Flow Experience dan Inspiration (Studi pada The Sounds Project)

The Influence of Stimulus Factors on the Intention to Revisit Music Festivals: The Role of Flow Experience and Inspiration (A Study on The Sounds Project)

Jihan Hafshah Aulia - ; Adrian Achyar (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Triza Mudita (Penguji) - ;

Industri festival musik di Indonesia berkembang pesat dan telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, sehingga penting bagi penyelenggara untuk memahami faktor yang mendorong pengunjung kembali datang. Dengan menggunakan pendekatan Stimulus-Organism-Response (SOR), penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman flow serta niat berkunjung kembali, dengan inspiration sebagai moderator. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan eknik pengambilan sampel purposive sampling kepada 200 responden yang pernah minimal pernah sekali menghadiri festival music The Sounds Project dalam tiga tahun terakhir pada 2022, 2023, atau 2024 dan saat ini berdomisili di Jabodetabek. Dengan menggunakan PLS-SEM, hasil penelitian menunjukkan bahwa lima stimulus yang terdiri dari berpengaruh positif dan signifikan terhadap terbentuknya flow experience. Flow experience terbukti memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap intention to revisit. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa consumer inspiration, yang terdiri atas dua dimensi utama, yaitu Inspired to terbukti secara signifikan dan positif memperkuat hubungan antara flow experience dan intensi berkunjung kembali, terutama pada individu dengan tingkat motivasi inspirasi yang tinggi, sementara inspired by menunjukkan efek moderasi yang signifikan namun negatif dalam hubungan tersebut. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi penyelenggara festival dalam merancang pengalaman festival yang lebih berkesan dan kohesif secara emosional serta sosial


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15554PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekFlow experience
Music festival
Consumer inspiration
Intention to revisit
S-O-R
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 138 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?