Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH VIDEO PERJALANAN
BERDURASI PENDEK TERHADAP
INSPIRASI DAN NIAT
BERWISATA: STUDI KASUS PADA
CANDI BOROBUDUR SEBAG...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Video Perjalanan Berdurasi Pendek Terhadap Inspirasi dan Niat Berwisata: Studi Kasus pada Candi Borobudur sebagai Destinasi Wisata

The Effect of Short Travel Videos on Inspiration and Travel Intentions: A Case Study on Borobudur Temple as a Tourist Destination

Tirza Valence Soyama - ; Tengku Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Riffely Dewi Astuti (Penguji) - ;

Dengan meningkatnya penggunaan media sosial, video pendek menjadi alat efektif untuk mempromosikan destinasi wisata. Penelitian ini mengkaji pengaruh video perjalanan berdurasi pendek terhadap inspirasi dan niat berwisata, dengan studi kasus pada Candi Borobudur. Menggunakan model Stimulus-Organism-Response (S-O-R), penelitian ini menguji pengaruh presenter attractiveness, destination attractiveness, dan video design attractiveness terhadap tahap inspired-by dan inspired-to, yang kemudian mempengaruhi travel intention. Data dikumpulkan dari 401 responden generasi milenial dan Gen Z yang aktif di media sosial dan dianalisis menggunakan PLS-SEM untuk menguji hubungan antar konstruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination attractiveness dan video design attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap inspired-by dan travel intention, sementara presenter attractiveness tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap inspired-by. Selanjutnya, inspired-by mempengaruhi inspired-to, dan keduanya secara signifikan memediasi hubungan antara destination attractiveness dan video design attractiveness dengan travel intention. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa openness to experience tidak memoderasi hubungan antar konstruk yang diuji. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur pemasaran digital dalam pariwisata serta implikasi praktis bagi pengelola destinasi wisata untuk memanfaatkan video pendek sebagai alat promosi dalam meningkatkan niat berwisata.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15557PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekTourism
Travel intention
Digital Marketing
Customer Inspiration
Short Videos
Destination Attractiveness
Video Design Attractiveness
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 132 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?