Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN
DAN SOSIAL MEDIA INFLUENCER
TERHADAPPURCHASE INTENTION
(STUDI PADA KENDARAAN
LISTRIK ASAL CHI...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025

Tesis

Pengaruh Country of Origin dan Sosial Media Influencer TerhadapPurchase Intention (Studi Pada Kendaraan Listrik Asal China)

The Influence of Country of Origin and Social Media Influencers on Purchase Intention (A Study on Electric Vehicles From China)

Karto Adiwijaya (Pembimbing/Promotor) - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ; Pradana, Dega Ferian - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi konsumen terhadap negara asal merek (Country of Origin), citra merek (Brand Image), dan sikap terhadap merek (Attitude Toward the Brand), serta kepercayaan terhadap influencer (Source Credibility) terhadap niat membeli kendaraan listrik asal China di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan analisis PLS-SEM, melibatkan 217 responden yang mengetahui atau mempertimbangkan mobil listrik dari China. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi positif terhadap negara asal berpengaruh besar terhadap citra dan sikap konsumen terhadap merek. Citra merek yang kuat juga meningkatkan sikap positif dan niat membeli. Sikap terhadap merek terbukti menjadi faktor paling kuat yang mendorong minat beli. Selain itu, influencer otomotif yang menarik, dapat dipercaya, dan ahli di bidangnya juga berpengaruh terhadap niat beli, meskipun tidak sekuat faktor merek dan sikap. Penelitian ini menunjukkan pentingnya membangun persepsi positif terhadap negara asal dan memilih influencer yang kredibel dalam mempromosikan kendaraan listrik, terutama di pasar seperti Indonesia yang masih berkembang.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 205/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBrand image
Purchase intention
Country of origin
Source Credibility
Social Media Influencer
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 123 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?