Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ENTREPRENEURIAL
ORIENTATION, KUALITAS
HUBUNGAN
FRANCHISOR-FRANCHISEE, DAN
INOVASI TERHADAP KINERJA
FRANCHISEE P...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Entrepreneurial Orientation, Kualitas Hubungan Franchisor-Franchisee, dan Inovasi Terhadap Kinerja Franchisee pada Industri Waralaba F&B Skala UMKM di Indonesia

The Influence of Entrepreneurial Orientation, Franchisor-Franchisee Relationship Quality, and Innovation on Franchisee Performance in the MSME-Scale F&B Franchise Industry in Indonesia

RR Ratih Dyah Kusumastuti (Pembimbing/Promotor) - ; Ruslan Prijadi (Penguji) - ; Avanti Fontana (Penguji) - ; Paski, Heri - ;

Meskipun bisnis waralaba menunjukkan tingkat pertumbuhan yang pesat, tingkat kegagalan di sektor ini masih relatif tinggi. Kondisi ini menciptakan tantangan bagi para pelaku usaha, baik franchisor maupun franchisee, untuk meningkatkan kinerja waralaba guna mempertahankan daya saing dan keberlangsungan usaha dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Namun, kajian terkait kinerja waralaba lebih banyak berfokus pada sudut pandang franchisor, sedangkan perhatian terhadap peran franchisee masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Entrepreneurial Orientation (EO), Kualitas Hubungan Franchisor–Franchisee, dan Inovasi dalam mendorong peningkatan Kinerja Franchisee. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 70 franchisee sektor F&B skala UMKM di Indonesia dan dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM–PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa EO berpengaruh positif terhadap kinerja franchisee, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi kualitas hubungan franchisor-franchisee dan inovasi. Sementara kualitas hubungan franchisor–franchisee terbukti meningkatkan kinerja, pengaruhnya terhadap penciptaan inovasi tidak signifikan. Sementara itu, inovasi terbukti sebagai mediator yang mampu mentransformasikan EO menjadi keunggulan kinerja melalui penciptaan inovasi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 208/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekEntrepreneurial orientation
Franchise
inovasi
franchisor-franchisee relationship quality
franchisee performance
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 114 p. : il. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?