Skripsi
The Theory of Planned Behavior and Stimulus-Organism-Response Model Approach in the Context of Secondhand Clothing Purchase
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian secondhand clothing (SHC) di kalangan generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia. Kerangka konseptual yang digunakan mengintegrasikan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Stimulus-Organism-Response (SOR) Model untuk memahami pengaruh elemen seperti eWOM dan harga terhadap variabel psikologis konsumen dan intensi pembelian. Data diperoleh dari survei online terhadap 310 Gen Z dan Milenial yang pernah melihat konten SHC. Hasil analisis menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, dan price berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian SHC, sementara perceived behavioral control tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Selain itu, eWOM TikTok dan harga juga terbukti memengaruhi pembentukan attitude dan subjective norm, namun eWOM tidak secara langsung memengaruhi intensi pembelian. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis terhadap pengembangan TPB dan SOR dalam konteks pembelian SHC, serta menawarkan implikasi manajerial bagi pengambil kebijakan dan pelaku industri dalam mendorong praktik konsumsi yang bertanggung jawab.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15567 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | price Theory of Planned Behavior EWOM Stimulus-Organism-Response Secondhand clothing |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xv, 183 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |