Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SHOWROOMING DAN
WEBROOMING TERHADAP PURCHASE
INTENTION: PERAN CUSTOMER
ENGAGEMENT DAN CUSTOMER
PERCEIVED VALUE ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Pengaruh Showrooming dan Webrooming Terhadap Purchase Intention: Peran Customer Engagement dan Customer Perceived Value Pada Konsumen Gen-Z Produk Elektronik Apple

The Impact of Showrooming and Webrooming on Purchase Intention: The Role of Customer Engagement and Perceived Value Among Gen-Z Consumers of Apple Electronic Products

Ronni Pangaribuan - ; Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ;

Penelitian ini menganalisis pengaruh perilaku showrooming dan webrooming terhadap niat pembelian produk elektronik Apple yang bersifat high-involvement pada Generasi Z, melalui saluran daring dan luring. Menggunakan pendekatan eksploratif, penelitian ini mengadopsi kerangka Theory of Planned Behavior (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM), yang dianalisis dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Fokus utama adalah mengidentifikasi peran customer engagement dan perceived value sebagai variabel mediasi yang memengaruhi keputusan pembelian selama pencarian informasi produk di saluran daring dan luring. Berdasarkan data dari 351 responden, hasil menunjukkan bahwa pencarian produk di toko fisik berpengaruh signifikan terhadap customer engagement, sementara pencarian produk daring tidak. Pencarian produk daring terbukti signifikan mempengaruhi niat pembelian baik di toko online maupun offline. Namun, pencarian produk di toko fisik saja tidak signifikan memengaruhi keputusan pembelian di toko fisik. Selain itu, perceived value berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian secara online maupun offline. Temuan ini menekankan pentingnya strategi omnichannel yang mendukung channel switching, memungkinkan konsumen mencari informasi secara simultan antara saluran daring dan luring. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pelaku ritel untuk memperkuat sinergi antara toko online dan offline guna memfasilitasi pengalaman berbelanja yang mulus bagi konsumen Generasi Z dan meminimalkan efek free-riding.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15568PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCustomer engagement
Generation Z
Customer perceived value
Showrooming
Webrooming
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 152 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?