Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH HUBUNGAN
ELECTRONIC WORD OF MOUTH,
SOCIAL MEDIA INFLUENCER,
DESTINATION IMAGE, TOURIST
ATTITUDE TOWARD...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Hubungan Electronic Word of Mouth, Social Media Influencer, Destination Image, Tourist Attitude Toward Destination Terhadap Gen Z?s Travel Intention Mengunjungi Destinasi Wisata Budaya

Analysis of the Influence of Electronic Word of Mouth, Social Media Influencer, Destination Image, Tourist Attitude Toward Destination on Gen Z's Travel Intention to Visit Cultural Tourism Destinations

Buchori Aliyuddin - ; Asiah Muchtar (Penguji) - ; Dewi Hanggraeni (Penguji) - ; Mutiara Baby Admeinasthi (Pembimbing/Promotor) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara electronic word of mouth, social media influencer, destination image, dan tourist attitude toward destination terhadap travel intention destinasi budaya yang dirasakan Gen Z dalam media sosial dengan harapan dapat membantu meningkatkan daya tarik dan daya saing destinasi wisata budaya dengan mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi minat kunjungan wisatawan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan survei daring yang melibatkan 382 Generasi Z yang berasal dari Generasi Z sebagai responden, dan analisis data dilakukan menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Influencer memiliki pengaruh dominan dalam mendorong niat Generasi Z mengunjungi Pura Uluwatu Bali, dengan Social Media Influencer lebih efektif dibandingkan Electronic Word of Mouth melalui persepsi positif Destination Image dan sikap emosional, sebagaimana dianalisis menggunakan Theory of Planned Behavior. Temuan ini menyarankan perusahaan, pemasar, dan instansi pemerintah untuk menggunakan strategi pemasaran berbasis influencer di media sosial untuk meningkatkan travel intention, meningkatkan electronic word of mouth untuk meningkatkan citra destinasi wisata, dan meingkatkan keautentikan destinasi wisata guna mendukung mendorong minat kunjungan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15569PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekDestination image
Travel intention
Digital Marketing
Social Media Influencer
Tourism Marketing & Management
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 166 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?