Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH PERCEIVED
HEALTHINESS, TASTINESS, DAN
PRICE TERHADAP PURCHASE
INTENTION PADA MARKETING
PLACEBO EFFECT ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Perceived Healthiness, Tastiness, dan Price terhadap Purchase Intention pada Marketing Placebo Effect Produk Berlabel Less-sugar di Indonesia

The Influence of Perceived Healthiness, Tastiness, and Price on Purchase Intention under the Marketing Placebo Effect of Less-sugar Labeled Products in Indonesia

Adila Rafahiya - ; Agung Nugroho (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Riffely Dewi Astuti (Penguji) - ;

Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin mengarah pada pola konsumsi produk yang lebih sehat mendorong peningkatan minat terhadap produk berlabel rendah gula (less-sugar). Namun, persepsi konsumen terhadap kesehatan produk tidak selalu didukung oleh komposisi nutrisi yang sebenarnya, melainkan juga dipengaruhi oleh efek plasebo pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived healthiness, perceived tastiness, dan perceived price terhadap purchase intention pada produk berlabel less-sugar di Indonesia dalam konteks marketing placebo effect. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 291 responden dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived healthiness dan perceived price memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, sedangkan perceived tastiness tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa persepsi kesehatan dan harga produk menjadi faktor utama yang mendorong minat beli konsumen, yang dapat dimanfaatkan oleh pemasar melalui strategi label dan komunikasi produk. Penelitian ini memberikan implikasi bagi produsen dan pemasar dalam mengoptimalkan strategi pemasaran produk less-sugar dengan memperhatikan efek placebo yang muncul dari persepsi konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15570PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPerceived price
Perceived healthiness
Marketing placebo effect
Lay belief
Perceived tastiness
Less-sugar label
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 122 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?