Skripsi
The Influence of Perceived Healthiness, Tastiness, and Price on Purchase Intention under the Marketing Placebo Effect of Less-sugar Labeled Products in Indonesia
Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin mengarah pada pola konsumsi produk yang lebih sehat mendorong peningkatan minat terhadap produk berlabel rendah gula (less-sugar). Namun, persepsi konsumen terhadap kesehatan produk tidak selalu didukung oleh komposisi nutrisi yang sebenarnya, melainkan juga dipengaruhi oleh efek plasebo pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived healthiness, perceived tastiness, dan perceived price terhadap purchase intention pada produk berlabel less-sugar di Indonesia dalam konteks marketing placebo effect. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 291 responden dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived healthiness dan perceived price memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, sedangkan perceived tastiness tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa persepsi kesehatan dan harga produk menjadi faktor utama yang mendorong minat beli konsumen, yang dapat dimanfaatkan oleh pemasar melalui strategi label dan komunikasi produk. Penelitian ini memberikan implikasi bagi produsen dan pemasar dalam mengoptimalkan strategi pemasaran produk less-sugar dengan memperhatikan efek placebo yang muncul dari persepsi konsumen.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15570 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Perceived price Perceived healthiness Marketing placebo effect Lay belief Perceived tastiness Less-sugar label |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 122 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |