Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN MAN-MACHINE
COLLABORATION SEBAGAI
MODERATOR DALAM HUBUNGAN
ANTARA OMNI-CHANNEL
RETAILING DAN CUSTOMER
RETENTION: S...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Skripsi

Peran Man-Machine Collaboration sebagai Moderator dalam Hubungan antara Omni-Channel Retailing dan Customer Retention: Studi pada Konsumen Millenials ZARA di Wilayah Jabodetabek

The Role of Man-Machine Collaboration as a Moderator in the Relationship between Omni-Channel Retailing and Customer Retention: A Study on Millennials ZARA Consumers in Jabodetabek Area

Valdo Andrean Dinata - ; Tengku Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Elevita Yuliati (Penguji) - ; Riffely Dewi Astuti (Penguji) - ;

Omnichannel retailing menjadi strategi penting dalam industri fashion modern karena memungkinkan konsumen untuk mengalami integrasi antara kanal online dan offline secara mulus. Meski demikian, masih terbatas penelitian yang secara spesifik meneliti bagaimana strategi omnichannel mempengaruhi retensi pelanggan di Indonesia, terutama dari perspektif generasi milenial yang terpusat di Jabodetabek. Studi ini menguji peran customer engagement dan customer satisfaction sebagai mediator, serta man-machine collaboration sebagai moderator dalam hubungan antara omnichannel retail dan customer retention, menggunakan kerangka Stimulus-Organism-Response (SOR). Berdasarkan data dari 203 responden milenial pengguna ZARA di Jabodetabek dan dianalisis melalui PLS-SEM, hasil menunjukkan bahwa omnichannel retail berpengaruh positif terhadap ketiga variabel utama yaitu customer engagement, customer retention, dan customer satisfaction. Customer satisfaction terbukti memediasi hubungan omnichannel retail terhadap customer retention secara signifikan, sedangkan customer engagement tidak. Sementara itu, man-machine collaboration justru memperlemah hubungan antara omnichannel retail dan retensi pelanggan. Temuan ini memperkaya literatur pemasaran digital sekaligus menekankan urgensi strategi omnichannel yang menyeimbangkan integrasi teknologi dan sentuhan manusia untuk mendorong retensi pelanggan di sektor ritel.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15571PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekCustomer Satisfaction
Customer engagement
Milenial generation
Customer Retention
Omnichannel Retail
Man Machine Collaboration
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 104 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?